icon-category Health

Orangtua Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Tidur Siang bagi Anak

  • 02 Jun 2019 WIB
  • Bagikan :

    Tidur siang bagi anak-anak tak hanya untuk mengistirahatkan tubuh, tetapi juga bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Bahkan, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di University of Pennsylvania mengungkap, tidur siang bisa meningkatkan prestasi sekolahnya lho!

    Kesimpulan ini didapat pada penelitian yang diikuti oleh 3.000 anak-anak yang tidur siang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang rutin tidur siang lebih sedikit mengalami masalah perilaku dan prestasi akademiknya lebih baik di antara manfaat lainnya.

    Namun terlepas dari ini, ada berbagai manfaat kesehatan lainnya dari tidur siang. Apa saja? Berikut manfaat tidur siang bagi anak dilansir thehealthsite.

    1. Tingkatkan kreativitas
    Sebelum anak Anda belajar aktivitas baru atau bahkan untuk kelas bahasa, pastikan ia tidur siang sebelum menghadiri kelas itu. sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Biological Physiology menyebutkan bahwa otak anak yang tidur siang dapat mencatat pembelajaran motorik yang lebih baik, dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang.

    Anak bermain mainan balok [shutterstock]
    Ilustrasi kreativitas anak terlihat saat bermain dengan mainan edukatif. [shutterstock]

     

    2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Tidur siang dapat mengurangi hormon stres seperti kortisol dan neuroendokrin di dalam tubuh yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak Anda.

    Ilustrasi anak sehat dengan sistem kekebalan tubuh yang baik. (Shutterstock)

     

    3. Meningkatkan stamina
    Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Sports menjelaskan bahwa tidur siang selama 30 menit sebelum aktivitas fisik yang intens dapat meningkatkan tingkat stamina. Ini dapat meningkatkan kinerja anak Anda.

    Anak bermain di alam terbuka. (Shutterstock)
    Anak-anak aktif secara fisik memiliki stamina yang baik. (Shutterstock)

     

    4. Meningkatkan daya ingat
    Jika ingin meningkatkan kinerja akademis anak Anda, pastikan ia tidur setengah jam di siang hari. Studi menunjukkan bahwa tidur siang di siang hari dapat meningkatkan retensi memori asosiatif.

    Ilustrasi anak pintar memiliki daya ingat yang baik. (Shutterstock)

     

    5. Menyebabkan suasana hati yang lebih baik
    Ketika kurang tidur, kita menjadi mudah kesal. Hal yang sama juga berlaku pada anak. Penelitian juga menyebutkan bahwa anak-anak yang tidak tidur siang lebih cenderung kurang bahagia dan memiliki reaksi yang lebih buruk terhadap peristiwa yang membuatnya frustrasi.

    Anak bahagia bersama orangtuanya, keluarga. (Shutterstock)
    Anak bahagia memiliki suasana hati yang baik. (Shutterstock)

     

    Itulah lima manfaat tidur siang bagi anak yang harus diketahui para orangtua.

     

    Berita Terkait:

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Tags : tidur siang 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini