home ×
Digilife

OS Baru Mac Apple Diberi Nama Monterey, Apa Fitur-fitur Barunya?

08 June 2021 By
OS Baru Mac Apple Diberi Nama Monterey, Apa Fitur-fitur Barunya?
Share
Share
Share
Share

Foto: Apple/Engadget

Uzone.id -- Melalui acara tahunan WWDC 2021, Apple mengumumkan sistem operasi baru untuk perangkat Mac. Diberi nama macOS Monterey, apa saja fitur-fitur barunya?

Apple masih menjaga tradisi dalam pemberian nama OS untuk Mac yang diambil dari nama-nama tempat atau kota di California. Setelah Mojave, kini kota Monterey menjadi inspirasi dari macOS terbaru.

Dari apa yang diumumkan Apple, macOS Monterey mengusung fitur baru bernama Universal Control yang memungkinkan pengguna berbagi kendali perangkat Mac dan iPad dengan mouse dan keyboard saja.

Baca juga: Fitur-fitur Unggulan iOS 15 yang Diumumkan di WWDC 2021

SVP Software Engineering Apple, Craig Federighi menunjukan cara kerjanya di atas panggung tentang bagaimana mengeset iPad di dekat komputer Mac, kemudian memindahkan kursor Mac ke iPad, voila! iPad secara otomatis mengenalinya.

Artinya, pengguna dapat menggunakan fitur Universal Control ini untuk memindahkan atau mengambil file secara langsung melalui dua perangkat ini. Di acara WWDC, Apple mendemonstrasikan fitur ini untuk perangkat iMac, MacBook, dan iPad.

Selain itu, macOS Monterey juga dapat menjalankan fungsi AirPlay terhadap file video, audio, dokumen, dan file lainnya dari iPad atau iPhone secara langsung ke Mac. Pembaruan ini membawa fitur Shortcut pertama di iPhone dan iPad yang memungkinkan pengguna mengakses otomatis alur kerja di Mac.

Kemudian peramban Safari juga akan menerima sedikit perombakan di macOS Monterey, tampilannya akan lebih ramping dengan toolbar yang lebih bersih dan api. Kolom tab di bagian atas akan menjadi ‘rumah’ bagi tautan URL dan pencarian.

Berikut daftar perangkat yang kompatibel dengan macOS Monterey:

  • MacBook Air (versi awal 2015-seterusnya)
  • MacBook Pro (versi awal 2015-seterusnya)
  • MacBook (versi awal 2016-seterusnya)
  • iMac (versi akhir 2015-seterusnya)
    Mac mini (versi akhir 2014-seterusnya)
    iMac Pro (versi 2017-seterusnya)
    Mac Pro (versi akhir 2013-seterusnya)

MacOS Monterey akan hadir dalam versi beta publik pada Juli mendatang, dan rencananya Apple akan merilis versi resminya pada musim gugur 2021.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id