Auto

Pabrik Apple Bikin 3 Purwarupa Motor Listrik

  • 21 October 2021
  • Bagikan :
    Pabrik Apple Bikin 3 Purwarupa Motor Listrik

     

    Uzone.id - Pabrik Taiwan yang dikenal kerap memproduksi perangkat Apple, Foxconn telah memamerkan tiga buah purwarupa mobil listrik. Sepertinya Foxconn berniat untuk mendiversifikasi bisnisnya, tak ingin hanya dikenal sebagai produsen perangkat buatan Apple dan perusahaan lain.

    Ketiga kendaraan listrik itu terdiri dari jenis yang berbeda-beda. Ada SUV, Sedan dan Bus. Ketiga prototipe itu dibuat oleh Foxtron, sebuah perusahaan patungan antara Foxconn dan produsen mobil Taiwan, Yulon Motor Co. Ltd.

    Baca juga: Chip Langka, Ini Ramalan Foxconn

    Wakil Direktur Foxtron, Tso Chi-sen mengungkap jika bisnis kendaraan listrik akan bernilai sampai triliunan dolar Taiwan sampai lima tahun ke depan. Angka itu estimasi hanya untuk nilai bisnis yang ada di Foxtron saja. Angkanya sama dengan USD35 miliar atau setara Rp495 triliun.

    foxtron-ev

    Foxconn, yang dulu bernama Hon Hao Precision Industry Co berniat untuk menjadi pemain utama di pasar kendaraan listrik dunia. Mereka kabarnya sudah bekerja sama dengan perusahaan rintisan asal Amerika Fisker dan perusahaan energi asal Thailand, PTT PCL.

    "Hon Hai siap untuk terjun ke pasar ini dan kami bukan lagi anak baru," ujar Direktur Foxconn Liu Young-way.

    Baca juga: Bocoran 2 Prototipe iPhone Lipat

    Perhelatan yang memamerkan tiga kendaraan listrik itu juga disebut sekaligus merayakan hari kelahiran miliuner Terry Gou yang juga pendiri Foxconn. Di sana, Gou diberikan kesempatan untuk mengendarai sedan tersebut. Diketahui sedan itu didesain oleh perusahaan desain asal Italia, Pininfarina.

    Sedan itu akan dijual dalam beberapa tahun ke depan. SUV ini akan dijual dengan mengusung brand Yulon dan dikabarkan akan dipasarkan di Taiwan pada 2023. Sedangkan untuk Bus akan mengggunakan brand Foxtron dan mulai berkeliaran di beberapa kota di Taiwan tahun depan, bekerja sama dengan penyedia jasa transportasi lokal.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini