Pabrik Konveksi Pun ‘Pindah’ ke Online - Uzone
home ×
Digilife

Pabrik Konveksi Pun 'Pindah' ke Online

05 May 2020 By
Pabrik Konveksi Pun 'Pindah' ke Online
Share
Share
Share

Uzone.id - Di saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan di Indonesia, bukan berarti usaha atau bisnis harus ikut berhenti. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan solusi online di internet.

Berjualan online bisa apa saja, mulai dari makanan, bahkan hingga pabrik konveksi seperti Oscas, yang beralamat di Oscas.co.id. Melalui situs tersebut, pengunjung bisa memilih dari rumah produk konveksi yang ingin dibuat. Apalagi untuk membuat tas sekolah, misalnya, tidak boleh sembarangan, harus mempunyai bahan baku yang baik.

Mengutip dari Direktur CV Oscas Indonesia, Husna Ramdani yang memiliki konveksi tas yang beroperasi di Bandung. Ada banyak sekali bahan baku pembuat tas sekolah yang beredar di pasaran. Namun hanya beberapa saja yang sudah terbukti kuat dan awet. Tidak perlu beli setiap tahun, pengeluaran jadi lebih terkontrol. Berikut ini ada beberapa jenis bahan tas sekolah anak yang kuat dan banyak peminat.

Bahan Cordura

Bahan ini memang sudah teruji memiliki karakteristis kuat, tidak salah menjadi primadona saat orang-orang mencari bahan tas. Dimana kekuatannya digadang-gadang lebih dari 10 kali lipat kain katun biasanya. Selain itu, jenis bahan pembuat tas satu ini juga begitu awet karena tahan dengan cuaca yang ekstrem, tidak mudah tergores dan water resistant. 

Selain itu keunggulan lainnya adalah menawarkan banyak warna. Jadi tinggal disesuaikan saja dengan selera. Kelebihan lain yang tidak boleh terlewatkan, satu ini juga mudah dalam hal perawatannya. Jika sekiranya kotor, bisa dicuci dengan air deterjen lalu bilas. Namun perlu diingat agar tidak menggunakan sikat karena bisa merusak teksturnya. 

Dengan kelebihannya yang sangat banyak, tidak salah jika kain cordura sudah banyak diproduksi untuk bahan tas ransel, pakaian militer, bahkan juga koper. Dalam penerapannya, tas-tas berbahan cordura kerap kali memiliki harga yang cukup menguras kantong. Namun tentu saja orang-orang rela mengeluarkan banyak uang dengan kualitas yang ditawarkan. 

Bahan Dinir

Kemudian yang tidak kalah kuat ada bahan dinir yang juga menjadi langganan untuk tas sekolah. Awalnya, kain jenis ini dimanfaatkan untuk tas anak-anak. Namun karena karakteristiknya yang lembut, fleksibel tapi sangat kuat, dibuat juga menjadi tas untuk orang dewasa. Termasuk juga tas sekolah atau ransel yang sekarang sudah banyak di produksi di konveksi tas Bandung dan kota-kota lain.

Bahan ini juga anti air, sehingga barang-barang akan tetap aman meski bagian luarnya terpapar hujan. Ada beberapa jenis kain dinir yang beredar di pasaran, bisa pilih kualitas yang paling baik jika ingin tas bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Salah satu yang cukup direkomendasikan adalah bahan dinir D300 yang begitu awet dan tebal. 

 Bahan Denim

Sudah menjadi rahasia umum jika denim memiliki karakteristik yang sangat kuat dan tahan lama. Cocok sekali jadi bahan tas sekolah anak karena memberikan kesan yang lebih casual atau santai. Bahan ini juga sudah banyak digunakan untuk backpack atau totebag. Warna bahan denim juga beragam. Selain itu semakin dicuci, warnanya akan perlahan memudar memberikan efek vintage.

Bahan denim juga mudah dicuci dan perawatannya juga gampang sekali. Plus, tahan dengan berbagai cuaca. Banyak brand besar juga memanfaat denim sebagai bahan baku membuat backpack.

Bahan Corduroy

 Pilihan lainnya adalah bahan corduroy yang sudah ada sejak lama jadi bahan di dunia fashion. Pada era 70-an, bahan ini dimanfaatkan untuk pakaian. Namun sekarang sudah banyak digunakan sebagai bahan baku pembuat tas, termasuk untuk anak-anak sekolah. Karakteristik bahan ini adalah memiliki tekstur garis-garis lembut dan tahan lama.

Pilihan warnanya kebanyakan memiliki tone yang lembut. Jadi, cocok sekali bagi yang gemar dengan pilihan warna yang tidak terlalu ngejreng. Meski tidak dipungkiri ada beberapa bahan corduroy yang berwarna terang, pilihan tone nude cukup digemari. Bahkan untuk bahan baku pembuatan tas. 

Bahan Polyster

Bahan selanjutnya yang sudah jadi langganan untuk tas sekolah karena kekuatannya adalah polyester. Baik itu backpack, tas samping, tas laptop, bahkan juga koper banyak memanfaatkan bahan ini. Pada umumnya, bahan kain ini cukup tebal dan kuat. Tidak mudah kusut dan tak gampang merenggang. Dalam hal pencucian, bahan ini tahan dengan bahan-bahan kimia dan proses seperti dry cleaning.

Selain itu tidak membutuhkan waktu yang lama saat proses pengeringan. Jadi jika perlu cepat-cepat kering, bahan satu ini bisa diandalkan. Sekarang polyester juga sudah banyak dimutakhirkan menjadi water resistant alias anti air.

Bahan Kanvas

Jenis bahan ini sudah banyak dimanfaatkan untuk tas gunung atau daypack. Ciri khasnya adalah berserat tebal dan sangat kuat. Kombinasi antara katun dan polyester. Sangat kuat, tidak mudah kusut, ringan, anti air, dan mudah kering. Karena itulah selain jadi tas, tidak mengherankan jika jenis bahan ini juga dimanfaatkan untuk sepatu, terpal, tenda payung taman, dan lain-lain.

Sebagai informasi, carrier atau tas gunung memang memerlukan bahan yang sangat kuat. Pasalnya, barang bawaan yang biasanya dibawa ke gunung jumlahnya banyak dan tentu saja berat. Maka dari itulah, jika untuk tas sekolah, bahan ini sangat direkomendasikan sekali.
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

4 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Rian Adrian 06 May 2020 | 03:42:33

mantap mantap mantap mantap mantap itu tempatnya di mana

Rian Adrian 06 May 2020 | 03:40:53

mantap banget itu waw waw waw waw manthap

legenda nuri boruto 05 May 2020 | 21:53:29

hatu datu viba dada dede dude gereng

legenda nuri boruto 05 May 2020 | 21:44:24

hantu bantu bintak banyu buyar bagud

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article