Auto

Pabrik Piaggio di Cikarang Bisa Produksi 10.000 Unit Vespa per Tahun

  • 10 November 2021
  • Bagikan :
    Pabrik Piaggio di Cikarang Bisa Produksi 10.000 Unit Vespa per Tahun

    (Foto: PT Piaggio Indonesia)

    Uzone.id - PT. Piaggio Indonesia - pemegang merek Vespa, Aprilia, Moto Guzzi di Indonesia - telah memulai pembangunan pabrik untuk memproduksi sepeda motor Vespa di kawasan Industri Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. 

    Piaggio tertarik membangun parik di Indonesia mengingat negeri ini jadi pangsa pasar sepeda motor terbesar di ASEAN dengan penjualan 3,66 juta unit, sedangkan market share sebesar 38 persen untuk tahun 2020.

    “Sepeda motor merupakan salah satu moda transportasi yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia, sehingga potensi industri otomotif untuk mengisi pasar kendaraan bermotor masih sangat besar,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara Groundbreaking Pembangunan Fasilitas Produksi PT. Piaggio Indonesia di Cikarang, Selasa (9/11/2021).

    BACA JUGA: New Mitsubishi Xpander Meluncur: Makin Mewah dan Makin Canggih

    1. Menyerap Tenaga Kerja

    Foto: PT Piaggio Indonesia

    Agus Gumiwang Kartasasmita menambahkan, ekspansi yang dilakukan PT. Piaggio Indonesia menjadi lompatan jauh merek asal Italia ini.

    Selain itu, upaya ini juga memberikan kontribusi positif bagi pengembangan industri otomotif nasional, terutama dari sisi peningkatan investasi, penyerapan tenaga kerja, dan pemberdayaan industri komponen lokal.

    “Perlu diingat, ini merupakan tahap awal, artinya ke depannya akan lebih banyak lagi aktivitas, partisipasi, maupun investasi dari teman-teman Italia, khususnya PT. Piaggio Indonesia,” kata Agus Gumiwang.

    2. Produksi 10.000 Unit per Tahun

    Foto: PT Piaggio Indonesia

    Agus Gumiwang menejlaskan pembangunan fasilitas produksi PT. Piaggio Indonesia dengan seluas enam hektare punya kapasitas 10.000 unit per tahun. Untuk produksi pertama akan dimulai pada kuartal IV tahun 2022.

    Fasilitas baru ini diharapkan memperkuat brand image Piaggio di Indonesia sekaligus menciptakan nilai tambah industri dalam negeri yang pada akhirnya dapat mengakselerasi pemulihan industri otomotif nasional di tengah pandemi Covid-19.

    3. Meluncur di Akhir 2022

    Foto: PT Piaggio Indonesia

    Agus Gumiwang mengatakan, sepeda motor Vespa yang dirakit di pabrik Cikarang dijadwalkan meluncur akhir 2022.

    Menurutnya, pertumbuhan kelas menengah yang terus meningkat, bonus demografi, penetrasi kendaraan listrik dan digital era, serta peningkatan tren penggunaan energi baru dan terbarukan, akan menjadi katalisator perubahan ekosistem industri sepeda motor menuju ke arah hemat energi dan ramah lingkungan yang sesuai dengan tren global.

    BACA JUGA: New Mitsubishi Xpander Meluncur: Makin Mewah dan Makin Canggih

    Pemerintah, imbuh Agus Gumiwang, akan terus mengawal investasi Piaggio untuk mewujudkan keuntungan (win-win) baik untuk perusahaan, pemerintah, maupun masyarakat Indonesia.

    Untuk itu, Menperin berpesan agar Piaggio dapat melibatkan sebanyak-banyaknya industri komponen skala kecil dan menengah untuk menjadi bagian dari rantai pasoknya.

    4. Pengembangan Elektrifikasi

    Foto: PT Piaggio Indonesia

    Pemerintah Indonesia mendorong agar Piaggio dapat melakukan pengembangan teknologi elektrifikasi sepeda motor serta menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan hub ekspor sepeda motor ikonik Italia dari Indonesia ke dunia.

    Pemerintah optimistis pengembangan bisnis yang dijalankan Piaggio melalui perakitan Vespa Made in Indonesia, bisa menjadi salah satu produk unggulan kebanggaan Indonesia.

    Selain itu, Agus Gumiwang juga mengatakan bahwa dengan dibangunnya pabrik Vespa di Cikarang bisa meningkatkan customer loyalty serta memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi perekonomian nasional.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini