icon-category Auto

Pabrik Toyota Indonesia Setop Produksi Vios?

  • 05 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Toyota Vios (Foto: Toyota)

    Uzone.id - Wajar saja kalau muncul rumor Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) tidak akan lagi memproduksi sedan Vios karena penjualan di Indonesia memang cukup seret.

    Penjualan small sedan atau mobil yang masuk Segmen B ini memang semakin dijauhi di seluruh dunia. Jadi, tak cuma di Indonesia saja.

    Konsumen Indonesia lebih memilih model Sport Utility Vehicle (SUV), MPV atau hatchback dibandingkan sedan di kisaran harga Rp300 jutaan.

    Melihat data penjualan Toyota Vios yang dibuat oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), untuk bulan Juni 2022 cuma terjual 22 unit, sedangkan sang pesaing, Honda City sedan terjual 16 unit.

    BACA JUGA: Gesits Jadi Armada Gojek, Ini Keluhan Ojol Usai Pemakaian 5 Bulan

    Penjualan mobil di Semester I 2022 (Januari-Juni), Toyota Vios tak masuk dalam daftar 20 mobil terlaris dengan penjualan hanya 121 unit atau turun 69,52 persen dibandingkan penjualan Semester I 20221.

    Untuk mobil harga Rp300 jutaan, konsumen lebih memilih Hyundai Creta, Toyota Avanza, Toyota Innova, Honda BR-V, Mitsubishi Xpander Cross.

    Melansir dari Databoks.katadata.co.id, penjualan Toyota Vios semakin menukik saja, di Semester I 2019 pernah terjual hingga 234 unit, kemudian Semester I 2020 turun jadi 162 unit, lalu Semester I 2021 sempat naik jadi 397 unit, dan turun lagi di Semester I 2022 tinggal 121 unit.

    Lalu, apa tanggapan Toyota Astra Motor (TAM) soal rumor Vios tak akan lagi diproduksi di Indonesia? 

    "Maaf sekarang kami belum bisa info untuk future plan," kata Lina Agustina selaku Head of Corporate Strategy and New Business, saat dihubungi Uzone.id.

    BACA JUGA: Soal Pajak STNK Mati 2 Tahun, Ternyata Sudah Diatur Sejak 2009

    Kemudian, Lina menambahkan bagi pelanggan yang berminat membeli Toyota Vios masih bisa tanyakan langsung ke dealer.

    "Tapi bagi pelanggan yang berminat dan punya intensi ke Vios tetap bisa tanya ke dealer," imbuhnya.

    Melihat situs resmi Toyota Astra, Vios yang dijual di dalam negeri terdapat dua varian, yakni tipe G yang dijual mulai Rp311.500.000, dan tipe E dijual mulai Rp293.700.000.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini