icon-category Auto

Pakai Aerodinamika Baru di MotoGP Austria, Ini Komentar Marc Marquez

  • 23 Aug 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Marc Marquez terlihat menggunakan aerodinamika baru sepanjang MotoGP Austria 2023 kemarin. Pebalap Repsol Honda tersebut menyebutkan meskipun membantu tetapi komponen baru ini tidak banyak berguna.

Dilansir dari GPOne, Marc Marquez menyebutkan inovasi terbaru dari Honda RC213V masih belum memuaskan dirinya. Sehingga dirinya cukup ragu untuk menggunakan jatah sekali update aerodinamika pada musim ini.

Bahkan untuk mencoba aerodinamika ini, Marc Marquez harus menyediakan waktu untuk uji coba. Hal ini membuat pebalap bernomor 93 ini cukup kelelahan untuk menjalani akhir pekan di Austria kemarin.

Marc Marquez memang terlihat menggunakan aerodinamika yang berbeda di hari pertama MotoGP Austria.

"Hari yang sangat menuntut secara mental. Saya harus menjaga konsentrasi untuk menyesuaikan gaya berkendara saya dengan aerodinamika baru ini. Anda sudah bisa melihat dari luar betapa besar perbedaannya, cara mengendarainya juga sama sekali berbeda," ujar Marc Marquez.

alt-img

Marc Marquez menyebutkan Honda RC213V dengan perangkat aerodinamika baru berbeda baik saat tikungan tajam maupun secara general.

Mengingat fairing barunya memiliki winglet depan yang lebih besar, sehingga meningkatkan downforce yang menguntungkan untuk mencegah wheelie.

Meskipun menguntungkan dari satu sisi, namun dari segi akselerasi masih dikeluhkan oleh Marc Marquez. Karena RC213V masih belum dapat mengatasi masalah spin di roda belakang.

"Saya beradaptasi cukup cepat dari yang saya kira. Level performanya masih serupa. Kelemahan motor kami masih sama, saya terus kehilangan waktu di titik yang sama dan kami harus terus bekerja," jelasnya.

"Masalah karena kurangnya stabilitas masih berlanjut. Sulit menghentikan motor di kedua ban. Bahkan di tikungan, grip, dan traksi masih buruk. Oleh karena itu karkas ban lebih keras yang dibawa ke sini ini malah lebih buruk bagi kami," lanjutnya.

Satu-satunya hikmah dari aerodinamika baru Honda RC213V adalah performa Marc Marquez yang dinilai lebih baik dari sebelumnya.

"Hal positifnya adalah kami sudah ada di level yang lebih baik soal komponen aerodinamika dibandingkan dengan yang pernah kami uji sebelumnya," sebut Marquez.

Marquez menyebutkan sekarang timnya harus mempelajari cara baru dengan downforce besar di depan Honda RC213V.

Dengan demikian, harapannya Repsol Honda bisa kembali bersaing jelang balapan di Barcelona dan Misano.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini