icon-category Auto

Pakai Baterai Lokal, Hyundai Pede Harga Mobil Listrik Lebih Murah

  • 22 Nov 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Hyundai terus menunjukkan keseriusannya dalam mengembangkan industri mobil listrik di Tanah Air. tidak hanya menggelontorkan mobil-mobilnya saja, tapi juga infrastruktur pendukungnya, salah satunya baterai.

Kabar baiknya, Hyundai akan mulai produksi baterai mobil listrik pada April tahun depan. Dengan begitu, ini akan membuat pabrikan Korea Selatan tersebut menjadi yang pertama yang menggunakan baterai buatan lokal.

Informasi tersebut disampaikan langsung Franciscus Soejopranoto, COO Hyundai Motors Indonesia dalam diskusi di acara Electric Vehicle (EV) & Battery Conference 2023 di Jakarta, Selasa (21/11).

“April 2024 kita akan mulai produksi baterai lokal. Total investasinya mencapai USD3 miliar. Tidak hanya untuk pasar lokal, tapi juga ekspor,” ujar Pria yang akrab disapa Suryo ini.

alt-img

Langkah berani Hyundai tersebut, karena menganggap pasar EV di Indonesia masih seperti kertas putih. Sebuah potensi pasar yang belum sepenuhnya terbentuk, dengan para ‘pemain’ yang juga belum banyak.

“Karenanya, harapannya dengan menggunakan baterai lokal, kita bisa lebih efisien dalam hal logistic cost, ujung-ujungnya harga mobil bisa lebih murah,” tambah Suryo.

Hyundai pun berharap insentif untuk elektrifikasi kendaraan dari pemerintah terus diperpanjang, karena langkah tersebut sangat membantu pabrikan dan terbukti meningkatkan pertumbuhan penjualan mobil listrik.

“Kalau bisa dilanjutkan, karena sangat membantu. Tapi kalau pun harus disetop, ya berarti ini kesempatan terakhir buat konsumen membeli mobil listrik dengan harga lebih terjangkau,” pungkas Suryo.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini