Digilife

Pakai Jaringan Telkom, Prambanan Jazz Festival 2021 Dipastikan Lancar

  • 18 November 2021
  • Bagikan :
    Pakai Jaringan Telkom, Prambanan Jazz Festival 2021 Dipastikan Lancar

    Foto: Prambanan Jazz Festival 2020 (Instagram @PrambananJazz)

    Uzone.id - Festival musik tahunan Prambanan Jazz akan kembali digelar untuk ke-7 kalinya pada 19 hingga 20 November 2021 mulai pukul 16:00 WIB secara virtual melalui platform iKonser.

    Tahun 2021 menjadi kali kedua pagelaran musik yang menampilkan penyanyi berbakat tanah air ini masih digelar secara virtual, mengingat kondisi pandemi yang masih berlangsung.

    Anas Syahrul Alimi selaku CEO Prambanan Jazz Festival sekaligus Founder Rajawali Indonesia, mengatakan bahwa Prambanan Jazz Festival harus terus berjalan dalam segala kondisi. Beradaptasi di tengah PPKM yang masih berlangsung, melakukan kolaborasi dan saling mendukung.

    Seperti tahun sebelumnya, Prambanan Jazz Festival akan diselenggarakan secara virtual. Tahun ini, Prambanan Jazz Festival akan ditayangkan di channel iKonser di UseeTV, UseeTVGO dan aplikasi iKonser.

    Anas menambahkan, “Festival ini hanya bisa dilihat di iKonser. Di channel TV satu-satunya yang pay per view atau berbayar. Saya pikir belum ada channel TV berbayar yang menayangkan live konser. Ini satu-satunya dan bisa dilihat di iKonser.”

    Dia menambahkan bahwa pihaknya juga ingin mengedukasi masyarakat untuk mengapresiasi sebuah seni, karya dan festival dengan berbayar. 

    Baca juga: Warganet Indonesia Paling Suka Nonton 5 Konten ini di Reels

    iKonser sendiri merupakan platform dari Metranet yang saat ini menjadi satu-satunya platform video streaming on demand (VOD). untuk mendapatkannya, aplikasi iKonser tersedia di App Store dan Play Store dan juga hadir di UseeTV dan UseeTVGO.

    Didik B Santoso, CEO Metranet, mendukung penuh pagelaran ini. Sebagai bagian dari Telkom, Metranet memiliki tanggung jawab dalam transformasi teknologi atau digital. Metranet juga membantu mempercepat recovery dari industri-industri yang ada, termasuk hiburan.

    Meski dilakukan secara virtual, hal ini takkan mengurangi keseruan dan kemeriahan yang disuguhkan.

    “Pengalaman antara nonton live dan di rumah pasti berbeda. Namun yang bisa kami sampaikan, iKonser yang kami sediakan melalui channel IndiHome memberikan experience tidak hanya saat nanti live show namun juga bisa nonton kapan saja karena ini semacam VOD,” tambah Didik.

    Untuk target penonton untuk acara ini, Didik mengatakan bahwa hingga saat ini iKonser bisa diakses oleh sebaran pelanggan IndiHome, yaitu sekitar 8 juta pengguna.

    “Jadi, jika kita mengambil porsi sekitar 10 atau 20 persen saja, bisa kita hitung sendiri kira-kira berapa,” tambahnya.

    Baca juga: FOTO: Penampilan Musisi di Prambanan Jazz Virtual Festival 2020

    Melihat resiko gangguan jaringan yang bisa saja terjadi saat acara berlangsung, Anas menyebut bahwa selama diselenggarakan, Prambanan Jazz Festival secara virtual ini tidak pernah ada gangguan atau nge-lag karena selalu menggunakan satelit dari Telkom.

    Diharapkan perhelatan acara virtual ini bisa berlangsung dengan lancar dan dinikmati oleh penonton yang lebih luas dari mana saja dan kapan saja.

    Prambanan Jazz Festival 2021 akan digelar di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta dengan penampilan dari Bellacoustic Indonesia, Manjakani, Nadin Amizah, Nita Aartsen dan Eurasian Big Band ft. Tompi, Pamungkas untuk hari pertama (Jumat, 19/11/2021). Untuk hari kedua, pagelaran ini akan dimeriahkan oleh Floo, Yura Yunita, Letto, Swinga Yogya, Ardhito Pramono, dan Tulus pada hari kedua (Sabtu, 20/11/2021).

    Acara ini dinikmati dengan beberapa cara dengan biaya mulai dari Rp15 ribu untuk menikmati seluruh rangkaian dari perhelatan musik berskala internasional ini. Rangkaian acara ini akan dimulai pukul 16:00 WIB hingga selesai.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini