icon-category Auto

Pakai Robotik, Pabrik Alva Rakit 1 Motor Listrik Cuma 3,5 Menit!

  • 20 Sep 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Produsen motor listrik Alva memamerkan fasilitas produksinya di kawasan Delta Silicon Industrial Park, Cikarang, Jawa Barat. PT Ilectra Motor Group (IMG) selaku perusahaan motor listrik Alva menerapkan industri 4.0 melalui kinerja robotik dalam perakitan motor listrik.

Bahkan pihak Alva mengklaim untuk satu motor dapat dirakit hanya dalam waktu 3,5 menit saja. Sementara untuk sehari, bisa memproduksi hingga 150 unit motor listrik.

Purbaja Pantja selaku President Director PT Ilectra Motor Group mengatakan pihaknya sudah melakukan ground breaking sejak bulan Juli 2022. Kemudian fasilitas produksi mulai membuat motor listrik pertama Alva One pada September 2022.

Ia juga menyebutkan pabrik motor listrik Alva tersebut menerapkan sistem robotik untuk tahap perakitan motor listrik. Alva merekrut tenaga kerja lulusan SMK melalui kerjasama dengan pemerintah daerah Cikarang yang dilatih dengan standar Alva Manufacturing Way.

"Pabrik ini menerapkan ekosistem industri 4.0 yang efisien sekaligus lebih humanis. Kami juga berupaya menghadirkan konsep manufaktur yang berbeda sebagai game changer dalam industri ini. Sehingga, bukan hanya menerapkan teknologi terdepan yang meningkatkan keahlian para pekerja, namun juga membawa manfaat," ujar Purbaja Pantja di Cikarang, Jawa Barat.

Ia melanjutkan, "salah satunya memungkinkan kapasitas pabrik ini untuk memproduksi hingga seratus ribu produk per tahun dan mampu memaksimalkan efektifitas proses pemesanan hingga pengiriman produk kepada para konsumen."

alt-img

Untuk pembuatan pabriknya sendiri, PT Ilectra Motor Group mendapatkan investasi Seri A sebesar USD15 juta. Kemudian di Agustus lalu, ALva mendapatkan investasi Seri B dengan total hingga USD50 juta.

Pabrik motor listrik Alva ini dibangun di atas tanah dengan luas 17.690 meter persegi, dengan luas bangunan sebesar 12.436 meter persegi. PT Ilectra Motor Group memiliki setidaknya 174 karyawan untuk mengoperasikan pabrik tersebut.

"Kehadiran Alva Manufacturing Facility diharapkan dapat menjadi transformasi proses produksi yang lebih baik dan menandai kesiapan Alva dalam industri kendaraan listrik di Indonesia. Adapun dengan kolaborasi dalam perekrutan tenaga kerja merupakan inisiatif kami agar bisa berdaya dengan talenta muda Indonesia," tutup Purbaja.

Sebagai tambahan informasi, saat ini Alva sudah memiliki dua produk motor listrik yakni One dan Cervo.

Karena sudah dirakit secara lokal, keduanya memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang memenuhi syarat sertifikasi. Pada Alva One tingkat TKDN-nya mencapai 45 persen sementara pada Alva Cervo mencapai 44 persen.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini