home ×
Digilife

Pandemi Bikin Anak Sering Online, Google Bikin Platform ‘Tangkas Berinternet’

21 July 2020 By
Pandemi Bikin Anak Sering Online, Google Bikin Platform ‘Tangkas Berinternet’
Share
Share
Share

(Ilustrasi/Unsplash)

Uzone.id -- Perusahaan teknologi Google mengumumkan platform baru yang diberi nama ‘Tangkas Berinternet’ untuk anak-anak di Indonesia agar semakin cerdas dan aman saat menjalankan aktivitas di ranah internet.

Dijelaskan oleh Aldrich Christopher selaku Trust & Safety Outreach and Education Google yang berbasis di Singapura, platform ‘Tangkas Berinternet’ ini dapat dimanfaatkan oleh anak-anak, orang tua, hingga guru atau pengajar yang ingin meningkatkan kenyamanan dan keamanan selama berinternet.

“90 persen guru mengatakan mereka memerlukan lebih banyak sumber daya untuk mengajar keamanan online dengan efektif. Melalui Google ‘Tangkas Berinternet’, kami ingin membantu anak-anak menjelajah dunia online dengan aman,” tutur Aldrich dalam sesi webinar pada Selasa (21/7).

(Tampilan Google 'Tangkas Berinternet'/Foto: Uzone.id)

Baca juga: Google Bakal Blokir Iklan di Konten Konspirasi Corona

Platform ‘Tangkas Berinternet’ hadir tak cuma sebagai bentuk selebrasi Hari Anak Nasional yang jatuh setiap tanggal 23 Juli, tapi juga sebagai panduan serta berisi berbagai materi berguna bagi pembelajaran anak-anak.

“Platform ini tidak membutuhkan email atau login. Jadi bisa dipakai dengan berbagai perangkat. Di dalamnya Google menyediakan ragam materi, mulai dari poster, pengajaran seperti kurikulum format PDF dan video, presentasi, aktivitas, hingga sertifikat,” lanjut Aldrich.

Hal lainnya yang menarik perhatian, Google ‘Tangkas Berinternet’ ini juga memberi pemaparan lengkap tentang cara aman beraktivitas di internet.

Mulai dari tips meninggalkan jejak digital di internet, menjaga privasi, hingga tips mengenali serangan phising yang sering terjadi di dunia siber.

“Mulai dari anak, orang tua, pengajar itu harus lebih paham kalau di internet jangan asal berbagi lokasi, informasi pribadi, hingga langsung percaya terhadap kiriman email mencurigakan yang isinya menggoda seperti hadiah uang, dan lain-lain. Hal ini krusial, dan semuanya dapat dibaca di dalam platform ini,” tutup Aldrich.

Platform Google ‘Tangkas Berinternet’ ini dapat diakses di situs ini secara gratis.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 22 July 2020 | 06:57:48

pademi bikin anak sering online itu

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id