home ×
Startup

Pandemi COVID-19 Dorong Implementasi Big Data

28 September 2020 By
Pandemi COVID-19 Dorong Implementasi Big Data
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Pandemi virus Corona (COVID-19) telah mengubah banyak hal, termasuk soal implementasi big data. Sebelum terjadi pandemi, jumlah perusahaan atau lembaga pemerintahan yang menerapkan teknologi big data masih sedikit.

Namun, situasi saat ini mendorong beberapa pihak mengaplikasikan big data. Demikian yang ditegaskan oleh Founder & CEO BigBox, Muhammad Sigit Pramudya. Sebagai informasi, BigBox hadir merupakan solusi big bata platform on-premise dan data analisis secara universal untuk enterprise.

Dalam wawancara khusus dengan Uzone.id, Sigit menegaskan, “Kalau kementerian atau pemerintahan sekarang itu punya lompatan, karena praktis akibat COVID-19, yang sangat butuh sama teknologi big data itu di sisi pemerintahan.”

Baca juga: Implementasi Big Data oleh Perusahaan di Indonesia Masih Hitungan Jari

Menurutnya, dibandingkan perusahaan swasta, ranah pemerintahan mengalami lompatan besar terkait kebutuhan teknologi data pada 2020.

“Justru banyak dari daerah, alasan mereka karena COVID-19, bagaimana memantau bansos, seperti itu. Peningkatan permintaannya melonjak 300 persen dibandingkan tahun 2019,” ujar Sigit.

Umumnya, layanan yang paling dibutuhkan adalah terkait social media analytics, media online analytics, satu data, dan e-commerce analytics. Sigit menyatakan bahwa satu data berkaitan dengan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia.

Baca juga: Big Data dan AI Bisa Bikin Rumah Sakit Pintar Lawan Covid-19

Satu data juga menjadi bagian dari mimpi besar BigBox. Sigit menyatakan bahwa BigBox sendiri memiliki tiga value, yaitu sovereignty, agility, dan holistic.

Terkait sovereignity, hal ini yang berkaitan dengan kedaulatan data. “Itu kita menemukan jodohnya dengan adanya pepres satu data. Big Box menjadi punya peran strategis menyatukan negara ini dengan menyediakan teknologi dan platform yang bisa menjembatani itu semua,” ungkap Sigit.

Untuk mengetahui lebih lanjut soal big data, kalian bisa menyaksikan Uzone Talks episode Big Data Harta Karun Indonesia bersama Founder & CEO BigBox, Muhammad Sigit Pramudya. Acara ini akan dilaksanakan pada Kamis, 01 Oktober 2020 pukul 16.00 WIB di Youtube dan website Uzone.id.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
hasta pangasta 12 October 2020 | 15:55:16

saya suka sekali itu bagis kok gak ada yg jelek

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article