home ×
Technology

Pantau Lokasi Bus Transjakarta dengan Google Maps

22 July 2016 By
Pantau Lokasi Bus Transjakarta dengan Google Maps
Share
Share
Share
Share
|

Kabar gembira untuk kamu pengguna moda transportasi kebanggaan Ibukota, Transjakarta. Yes, hari ini Google Indonesia mengumumkan fitur yang membantu kamu mengetahui posisi bus sehingga tak perlu lagi menunggu lama di halte.

Fitur yang juga dikenal dengan nama Transit ini adalah informasi publik transportasi pertama di Indonesia yang tersedia di Google Maps secara real-time.

Caranya, kamu cukup membuka aplikasi Google Maps, lalu mengetik tujuan lokasi kamu. Setelah itu, Maps akan menyuguhkan berapa estimasi waktu yang ditempuh menuju halte Transjakarta dan berapa lama waktu tunggu di halte serta lama perjalanan hingga sampai di tujuan.

Jika bus yang akan kamu tumpangi mengalami delay (tertunda), fitur Transit akan secara otomatis memberikan update waktu kedatangan. Rute yang memiliki informasi real time ditandai dengan warna hijau.



"Dengan fitur ini, Anda bisa tahu kapan tepatnya bus Anda akan tiba," kata Suren Ruhela, Director Google Maps dalam sambutannya di Jakarta, Kamis (21/7).

Dalam menyuguhkan data-data digital itu secara real-time, Google menggandeng PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) untuk mengakses data-data GPS tracker dari tiap unit bus mereka.

"Ini memang bukan data Google. Tapi dengan begitu, data yang kami dapat lebih akurat karena langsung dari pihak penyelenggara (PT Transportasi Jakarta)," tutur Shinto Nugroho, Head of Public Policy and Government Relations at Google Indonesia pada arah.com.

Layanan ini dikatakannya telah live dan bisa diakses luas per hari ini (21/7), dan berlaku untuk semua koridor (koridor 1-12).

"Ke depan, tentu objektif kami lebih dari ini. Google Maps akan menyuguhkan data real-time untuk berbagai moda transportasi, seperti bus kota, kereta api, LRT, atau bahkan MRT," ungkap Shinto.



(ki-ka) Suren Ruhela (Director Google Maps), Shinto Nugroho (Head of Public Policy & Government Relations Google), Budi Kaliwono (Direktur Utama PT Trans Jakarta)

Bahkan, Suren menambahkan, di masa depan para pengguna bisa dibantu oleh fitur asisten virtual untuk melakukan itu semua.

"Saat ini, asisten virtual pada Google Now sudah bisa dipakai untuk mencari rute perjalanan. Ke depan, pengguna cukup bertanya, 'berapa lama waktu yang ditempuh ke suatu tempat dengan Transjakarta' dan dia akan menjawabnya," ungkap Suren.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id