home ×
Gadget

Pasar PC Global Q3 2020 Dipimpin Lenovo, Apple Meningkat 38,9 Persen

14 October 2020 By
Pasar PC Global Q3 2020 Dipimpin Lenovo, Apple Meningkat 38,9 Persen
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Pasar PC global sepertinya semakin menarik diperhatikan. Apalagi di masa pandemi ini. Lenovo menduduki posisi pertama dengan pengapalan unit komputer terbanyak, namun di sisi lain, Apple mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Laporan riset IDC menemukan jika pasar PC tradisional mengalami kenaikan dua digit pada kuartal ketiga tahun ini, walau masih di tengah pandemi yang melanda. Pasar PC yang dimaksud, termasuk desktop, notebook, sampai workstation.

Pengapalan secara global diketahui meningkat 14,6 persen menurut data IDC Worldwide Quarterly Personal Computing Device Tracker. Angka itu berjumlah total 81,3 juta unit pengapalan komputer ke seluruh dunia di kuartal ini.

Baca juga: Data Canalys, Pengapalan PC Q3 2020 Capai 79 Juta Unit

"Permintaan konsumen dan bisnis mendekati rekor dalam beberapa kasus. Game, Chromebook, dan dalam beberapa kasus notebook berkemampuan seluler, semuanya mendapat titik terang selama kuartal tersebut. Seandainya pasar tidak terhambat oleh kekurangan komponen, pengiriman notebook akan melonjak lebih tinggi selama kuartal ketiga karena selera pasar masih belum terpuaskan," ujar manajer riset IDC, Jitesh Ubrani, seperti dikutip dari berbagai sumber, Rabu, 14 Oktober 2020.

Data IDC menunjukkan jika Lenovo menduduki posisi pertama dalam laporan Global PC Shipment kuartal ketiga ini. Pangsa pasarnya turun dari 24,4 persen di kuartal yang sama tahun lalu menjadi 23,7 persen di kuartal ketiga ini. Total pengapalan komputer milik Lenovo mencapai 19,2 juta unit.

Sedangkan HP Berada di posisi kedua dengan pengapalan PC sebanyak 18,6 juta unit atau setara dengan pangsa pasar 23,0 persen. Di posisi berikutanya ada Dell dengan pangsa pasar 14,8 persen atau sekira 11,9 juta unit pengapalan komputer di kuartal ini.

Apple memang menduduki posisi ketiga sebagai vendor dengan pengapalan terbanyak di dunia. Jumlah unit yang dikapalkan hanya 6,8 juta perangkat sehingga pangsa pasarnya hanya 8,5 persen. Namun dari sisi pertumbuhan year over year, Apple meningkat 38,9 persen. Ini merupakan pencapaian yang cukup besar dibanding 4 pesaingnya yang lain.

Acer juga memiliki pertumbuhan yang cukup signifikan YoY, walau tak sebanyak Apple. yakni hanya sebesar 29,3 persen. Dia menduduki posisi ke-5 dengan pangsa pasar 7,4 persen atau setara dengan 6 juta unit pengapalan PC.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article