Pastikan Nataru 2025 Lancar, Telkom Tambah BTS 4G dan 5G
Uzone.id — Menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru 2025, Telkom Group turut melakukan persiapan jaringan untuk menghadapi lonjakan pengguna saat perayaan Natal serta liburan Tahun Baru.
Tahun ini ada 4 program utama yang akan dijalankan oleh Telkom beserta anak perusahaannya untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan selama momen-momen tersebut.Pertama adalah Excellent Customer Experience (CX) untuk memberikan layanan maksimal untuk pelanggan Telkom Group, seperti Video call, Telepon, Streaming Video, Main Game, Streaming Musik, Conference Call lancar dan tidak terputus.
Kedua adalah Special Services For Customer yang memberikan layanan khusus terutama bagi instansi yang berada di area-area yang critical. Ketiga adalah Digital Experience dan terakhir adalah Charity for Indonesia.
Untuk memaksimalkan jaringan dalam momen Nataru 2025 ini, Ririek Adriansyah selaku Direktur Utama Telkom Group menyebutkan beberapa strategi yang akan dilakukan oleh Telkom Group.
“Pertama adalah peningkatan kapasitas dan coverage jaringan. Jadi, selama di periode Nataru ini, kami tambah kapasitas (jaringan) baik itu dari sisi Telkom maupun dari sisi Telkomsel,” ujarnya dalam acara Konferensi Pers Persiapan Nataru Telkom Group, Senin, (16/12).
Penambahan jaringan ini termasuk penambahan infrastruktur BTS 4G dan 5G, penambahan kapasitas serta mengerahkan belasan ribu teknisi selama periode Nataru 2025 berlangsung.
“Saat ini terdapat 1400 BTS 5G dan internet kapasitasnya ada 15 terabyte. Kemudian total kami memiliki 269 ribu BTS dimana yang 1400 BTS sudah 5G. Untuk antisipasi ini semua, kami akan tambahkan 525 BTS 5G baru, kemudian untuk 271 BTS 4G tambahan, dan upgrade kapasitas,” ujar Herlan Wijanarko, Direktur Network & IT Solution.
Terdapat 178 BTS yang nantinya akan ditambahkan kapasitasnya selama Nataru 2024 ini serta penambahan 46 combat BTS. Telkom juga akan menyiapkan 14 infrastruktur kabel laut yang beroperasi secara redundant pada jalur trafik internasional dengan dua gateway Batam dan Manado.
Selama periode ini, Telkom telah menentukan 409 titik atau point-of-interest (POI) yang akan menjadi titik-titik ramai selama Nataru tahun ini, termasuk tempat ibadah dan tempat wisata, posko Naru, rest area, SPBU, ATM, pusat perbelanjaan, terminal hingga bandara.
Sementara itu, Telkom memprediksi adanya lonjakan trafik selama momen Nataru ini. Untuk fixed broadband, Telkom memprediksi adanya kenaikan sebesar 40 persen dibandingkan tahun lalu, dari 41,2 Tbps menjadi 56,7 Tbps.
Sementara untuk lonjakan trafik mobile data, Telkom memprediksi adanya kenaikan hingga 14,8 persen dibanding tahun lalu.
“Yang pertama peningkatan traffic yaitu sebesar 14,8 persen. Jadi kita prediksi akan terjadi kenaikan traffic 14,8 persen di Nataru tahun ini. Dan ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya,” kata Indra Mardiatna, Direktur Network Telkomsel.
Sementara untuk posko, Telkom telah menyiapkan sebanyak 15000 teknisi yang bekerja untuk mengawal dan stand by di 409 titik POI serta 43 posko yang telah disediakan untuk mengawal kelancaran Nataru 2025 ini.
Dengan dilakukannya berbagai persiapan tersebut, Telkom Group berharap para pelanggan bisa mendapatkan layanan dan jaringan yang stabil selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2025.