home ×
Digilife

Pecahkan Rekor, Matahari Buatan Korea Selatan Menyala 20 Detik

29 December 2020 By
Pecahkan Rekor, Matahari Buatan Korea Selatan Menyala 20 Detik
Share
Share
Share
Share

Tangkapan gambar YouTube

Uzone.id - Selain China yang membangun 'matahari buatan', Korea Selatan juga sukses menyalakan perangkat fusi superkonduktor yang dijuluki 'matahari buatan' selama 20 detik.

Meskipun tak sampai setengah menit, namun energi plasma pada suhu ion ini mencapai lebih dari 100 juta derajat Celcius.

Untuk menjaga agar tetap stabil dan dipertahankan selama 20 detik merupakan rekor dunia.

Institut Energi Fusi Korea (KFE) mengumumkan proyek penelitian bersama dengan Universitas Nasional Seoul (SNU) dan Universitas Columbia Amerika Serikat dan melakukan pengambilan gambar selama 300 detik.

BACA JUGA: Xiaomi Mi 11 Hadirkan Lei Jun Signature Edition

Inti dari percobaan bertujuan di mana para ilmuwan bisa memanfaatkan energi fusi nuklir untuk menyediakan listrik bagi umat manusia.

Yong-Su Na, profesor di departemen Teknik Nuklir yang bersama-sama melakukan penelitian, mengatakan bahwa keberhasilan eksperimen KSTAR dalam menjalankan suhu tinggi yang panjang dengan mengatasi beberapa kelemahan mode ITB membawa kita selangkah lebih dekat untuk pengambangan teknologi untuk realisasi energi fusi nuklir.

Kemudian, Dr Young-Seok Park dari Universitas Columbia yang ikut berkontribusi pada penciptaan plasma suhu tinggi mengatakan, "Suhu ion 10 juta derajat yang dicapai dengan memungkinkan pemanasan inti plasma yang efisien untuk jangka waktu yang lama menunjukkan kemampuan unik dari perangkat KSTAR superkonduktor, dan akan diakui sebagai dasar kuat untuk plasma fusi berperforma tinggi dan stabil."

Tenaga fusi bisa jadi jawaban atas ketergantungan dunia pada bahan bakar fosil. Disisi lain, bahaya dalam pengembangan daya fusi cukup serius.

Jika 'matahari buatan' Korea berhasil dibangun dalam waktu 20 detiknya, peneliti fusi lainnya bisa mendapatkan keuntungan dari peningkatan pengetahuan.

"Kami akan melanjutkan tantangan kami untuk mewujudkan energi fusi nuklir, yang merupakan tujuan seluruh umat manusia," kata Institut Energi Fusi Korea, seperti dilansir Uzone.id dari Metro.

 

VIDEO DJI Mini 2 Unboxing & Test Fly : Ringan Tapi Berbobot

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article