icon-category Startup

Pelaku UMKM Perempuan di Tokopedia Melejit 2,5 Kali Lipat

  • 08 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Bertepatan pada perayaan Hari Perempuan Sedunia yang jatuh tiap tanggal 8 Maret, perusahaan teknologi Tokopedia memaparkan jumlah perempuan pelaku UMKM yang melonjak di dalam platform e-commercenya.

    Tokopedia mencatat, pelaku UMKM perempuan di dalam platformnya melejit 2,5 kali lipat di 2021 dibandingkan 2020.

    Dari penjelasan Head of Product Campaign Tokopedia, Helena, perusahaan melihat beberapa kota di Indonesia mengalami peningkatan paling tinggi dalam hal jumlah perempuan pegiat usaha lokal sepanjang 2021.

    Baca juga: Perayaan Hari Perempuan Dunia Google Doodle Bikin Haru

    “Ada Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Denpasar, dan Balikpapan,” tutur Helena di acara virtual ‘Hari Perempuan Sedunia’ yang digelar Tokopedia, Selasa (8/3).

    Hal ini turut didorong oleh berbagai program yang diadakan, seperti Tokopedia Beauty Awards 2021, Women in Style, dan inisiatif Hyperlocal yang memiliki beberapa turunan seperti Tokopedia Nyam!, Festival Fashion Lokal Jawa Barat, dan lain-lain.

    Diakui pendiri UMKM digital Studio Dapur, Mega Puspita, usahanya pun harus pivot sejak pandemi melanda.

    “Awalnya, usaha kami ini B2B, tapi karena ada pandemi, kami harus mengubah skema bisnis menjadi B2C. Platform e-commerce seperti Tokopedia ini menyelamatkan usaha kami di masa awal pandemi,” ungkap Mega di acara yang sama.

    Baca juga: Upaya Tokopedia Dorong Talenta Digital di Indonesia

    Ia mengatakan, selama bermigrasi menjadi bisnis B2C dan memanfaatkan platform digital, ia dan timnya juga semakin rajin eksplorasi media sosial sebagai bagian dari awareness.

    “Kami memanfaatkan media sosial dan berusaha update soal fitur, misalnya Instagram Reels, untuk bangun komunitas dan tetap menjaga relevansi terhadap kebutuhan masyarakat saat ini,” sambungnya.

    Menurutnya, sebagai kaum perempuan yang melebarkan sayap di sektor UMKM digital, Mega percaya bahwa hal yang perlu diingat adalah harus terus berinovasi dan adaptif dengan keadaan.

    “Perubahan itu cepat dan terkadang kita nggak tahu ke depannya akan seperti apa. Jadi, sebagai pelaku UMKM, kita harus bergerak cepat dan jangan takut untuk berkembang,” tutupnya.

    VIDEO: UZONE VERSUS: Adu Pintar Tebak Logo

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini