home ×
Telco

Pelanggan Telkomsel di Bogor dan Sidoarjo Sudah Bisa Rasakan VoLTE

20 June 2020 By
Pelanggan Telkomsel di Bogor dan Sidoarjo Sudah Bisa Rasakan VoLTE
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Layanan Voice Over LTE (VoLTE) Telkomsel kini sudah diperluas di dua wilayah pulau Jawa. Saat ini pelanggan operator tersebut di wilayah Bogor dan Kabupaten Sidoarjo sudah bisa merasakan layanan menelepon dengan menggunakan data internet tanpa harus pakai aplikasi seperti WhatsApp dan sejenisnya.

Pencapaian ini diungkap oleh Adhi Putranto, Vice President Prepaid Consumer Telkomsel saat video conference terkait VoLTE di Indonesia. Sebelumnya, layanan VoLTE Telkomsel baru ada di beberapa wilayah seperti Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan Kota Surabaya.

"Layanan ini akan terus kami perluas ke kota-kota besar di Indonesia. Target sampai akhir tahun diperkirakan ada sekira 1 juta pelanggan VoLTE Telkomsel. Harus disupport juga dengan kartu SIM pelanggan yang harus sudah pakai USIM (4G SIM card) dan smartphone-nya juga harus mendukung VoLTE," ujar Adhi, Jumat, 19 Juni 2020.

Untuk urusan perangkat, memang tidak semua smartphone mendukung layanan VoLTE. Namun dalam daftar yang diberikan Telkomsel, beberapa nama merek smartphone sudah bisa mendukung VoLTE. Misalnya ponsel Samsung. sekitar 12 smartphone merek Samsung yang sudah bisa VoLTE. Selain itu ada juga beberapa jenis dari Huawei dan Vivo.

"Sebelumnya kami mendata hanya Samsung, Huawei dan Vivo. Sekarang kami juga sudah mendata smartphone VoLTE di beberapa jenis smartphone Xiaomi," ujar Adhi.

Pihak Telkomsel menyebutkan jika VoLTE ini merupakan layanan panggilan suara yang mengandalkan data internet. Kelebihannya adalah penggunaan jaringan internet akan tetap hidup walaupun pengguna mendapatkan panggilan telepon biasa. Selain itu, kualitas suara pun terjamin dan jauh dari lag atau sambungan tiba-tiba terputus.

Pada tahap soft launch ini, layanan VoLTE Telkomsel dapat digunakan secara terbatas oleh pelanggan terpilih (whitelist customer) yang memenuhi beberapa syarat yaitu berada di wilayah jangkauan VoLTE Telkomsel, telah menggunakan kartu yang mendukung jaringan 4G Telkomsel (uSIM), serta menggunakan perangkat yang telah memiliki kapabilitas layanan VoLTE.

Selanjutnya, pelanggan cukup mengaktifkan fitur VoLTE melalui menu pengaturan perangkat, yang kemudian akan diikuti dengan munculnya tulisan “VoLTE” pada status bar. Dengan demikian, pada tahap soft launch diperhitungkan akan ada sekitar 300.000 whitelist customer yang dapat menikmati keunggulan layanan tersebut.

Sebagai upaya untuk mengakselerasi adopsi layanan VoLTE sekaligus memberikan nilai tambah bagi pelanggan dalam menggunakan layanan tersebut, Telkomsel juga akan menghadirkan promo paket kuota VoLTE yang akan tersedia dalam waktu dekat. Selain itu, pelanggan juga tetap bisa menikmati paket khusus Talkmania VoLTE, dengan tambahan kuota menit telepon VoLTE pada paket Talkmania bulanan. Bagi pelanggan yang ingin melakukan aktivasi paket-paket tersebut dapat mengakses aplikasi MyTelkomsel.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 20 June 2020 | 09:38:11

udah kaya smartfren aja pkae voltenya

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id