home ×
Digilife

Pembelaan Facebook Setelah Instagram Dianggap ‘Toxic’ buat Remaja

27 September 2021 By
Pembelaan Facebook Setelah Instagram Dianggap ‘Toxic’ buat Remaja
Share
Share
Share
Share

Foto: Claudio/Unsplash

Uzone.id -- Facebook akhirnya buka suara soal penelitian tentang dampak Instagram terhadap kaum remaja yang belakangan ini sempat ramai.

Penelitian internal yang terkuak tersebut mengangkat dampak negatif dari Instagram terhadap generasi remaja yang diklaim membuat mereka sering membanding-bandingkan fisik mereka dengan orang lain, hingga kondisi mental. Dari sini, Instagram dapat dikatakan menjadi platform ‘beracun’ alias toxic.

Melalui tulisan blog di situs resmi perusahaan dengan tajuk ‘What Our Research Really Says About Teen Well-Being and Instagram”, pihak Facebook secara terang-terangan membela Instagram.

Baca juga: Bos Instagram: Medsos Seperti Mobil, Sama-sama Bisa Renggut Nyawa

“Klaim mengenai riset tersebut yang seolah-olah menunjukan Instagram adalah tempat toxic untuk remaja perempuan adalah tidak akurat,” tulis Vice President and Head of Research Facebook, Pratiti Raychoudhury.

Ia melanjutkan, “penelitian tersebut sebenarnya menunjukan bahwa banyak kaum remaja pengguna Instagram merasa platform ini membantu mereka ketika mereka sedang mengalami masa-masa sulit dan masalah remaja yang sering melanda.”

Pihak Facebook juga tidak membenarkan kalau mereka menyembunyikan hasil penelitian tersebut, dan mengklaim kalau perusahaan sering secara terbuka memberikan edukasi mengenai dampak negatif dari media sosial yang dibarengi dengan manfaatnya selama satu dekade belakangan.

Baca juga: Cara Hapus Follower Instagram Tanpa Blokir

“Tim riset internal kami berupaya untuk meminimalisir efek buruk dari platform digital ini, dan memaksimalkan pengaruh positifnya. Kami memiliki rekam jejak panjang dalam menggunakan riset, pun begitu dengan riset eksternal dan kolaborasi erat dengan Safety Advisory Board, Youth Advisor, dan organisasi serta pakar lainnya,” lanjut Pratiti.

Di sisi lain, Senator Marsha Blackburn dan anggota Partai Demokrat dari Connecticut, Amerika Serikat, Richard Blumenthal, berencana menggelar penyelidikan ke Facebook mengenai dampak negatif dari Instagram ini.

“Jelas bahwa Facebook tidak mampu mempertahankan sikap pertanggungjawabannya sendiri. Saat diberi kesempatan untuk menjelaskan kepada kami mengenai riset dari dampak negatif Instagram, mereka mengelak dan menutupi bukti nyata dari bahaya yang signifikan,” tutur Senator Blackburn, seperti dikutip dari Cnet.

VIDEO: Review Tecno Spark 7, Ponsel Murah Tapi...

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id