home ×
Digilife

Pembelian Makanan di Tokopedia Meningkat 3 Kali Lipat Sejak Pandemi

29 January 2021 By
Pembelian Makanan di Tokopedia Meningkat 3 Kali Lipat Sejak Pandemi
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Tokopedia kembali kembangkan inovasinya dalam sebuah kampanye untuk mendukung pegiat usaha lokal di bidang makanan dan minuman, kampanye ini bernama Tokopedia Nyam.

Tokopedia Nyam ini sudah hadir semenjak awal pandemi melanda tepatnya pada tahun 2020. Jessica Stephanie selaku AVP of Category Development for FMCG & Long Tail Categories of Tokopedia, menjelaskan bahwa pada awal pandemi masyarakat mulai mencari jalan lain untuk berbelanja tanpa harus keluar rumah. Tingginya permintaan makanan dan minuman juga didorong oleh masyarakat yang mulai mencari pilihannya di platform online sehingga Tokopedia Nyam hadir sebagai jalan agar mempermudah masyarakat mendapatkan apa yang mereka cari.

Adanya pandemi ini juga membuat para seller-seller makanan yang awalnya hanya beroperasi secara offline harus bergerak cepat dan mulai merambah ke pasar online agar tetap bisa dijangkau meski outletnya tidak bisa beroperasi.

Baca juga: Mobil Futuristik ini Bisa Dibeli di Tokopedia

Tokopedia Nyam ini diharapkan hadir sebagai panggung bagi para pengusaha UMKM untuk terus menjalankan usahanya dan terus berinovasi di tengah perekonomian Indonesia yang sedang menurun akibat adanya pandemi ini.

"Salah satu komitmen Tokopedia Nyam yang mendukung UMKM adalah untuk ikut andil dalam memulihkan kembali ekonomi Indonesia yang sedang recovery dalam masa pandemi ini.” Tutur Jessica dalam Virtual Media Briefing, kemarin.

Sektor makanan dan minuman berkembang begitu pesat semenjak awal pandemi, tercatat adanya kenaikan lebih dari 3 kali lipat setelah hadirnya Tokopedia Nyam dan sederet inisiatif lainnya. Penjual makanan siap masak juga bertambah 3 kali lipat semenjak akhir tahun dibanding sebelum pandemi.

Keberhasilan ini tak lepas dari kinerja para aktor di balik kampanye ini. Bersama dengan 90 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia), Jesicca konsisten menghadirkan inovasi-inovasi lainnya demi terus mendukung usaha lokal khususnya industri F&B.

Baca juga: Tokped dan Gojek Gabung IPO di Luar Negeri?

Mad Bagel dan Dimsum 49 adalah contoh pegiat usaha lokal di kategori F&B Tokopedia, yang terus beradaptasi dengan berkolaborasi dan berinovasi di tengah pandemi lewat pemanfaatan teknologi, salah satunya dengan bergabung dalam kampanye Tokopedia Nyam.

Mad Bagel merupakan bisnis roti bagel yang didirikan oleh Prima Hayuningputri (Putri) dan Anika Miranti (Nike). Sebagai ibu bekerja, Putri dan Nike mencari cara untuk bisa tetap bekerja sambil mengasuh anak. Akhirnya, mereka membangun Mad Bagel, yang sesuai dengan kegemaran dan bakat masing-masing, yaitu baking dan berjualan, pada 2014.

“Setelah mengikuti Tokopedia Nyam sejak Juli 2020, kini penjualan Mad Bagel meningkat sangat signifikan bahkan mencapai 270 persen atau sebesar hampir 4 kali lipat,” ungkap Putri.

Putri menambahkan, “Tokopedia Nyam juga membantu memberikan publikasi sehingga masyarakat jadi tertarik untuk mencoba produk kami. Saat ini, Mad Bagel telah berhasil menjual hingga 2.000 produk melalui Tokopedia Nyam.”

Selain itu ada Muhammad Kautsar mulai berbisnis sejak 2015. Saat itu, ia berjualan siomay untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi keluarganya. Ia kemudian mengembangkan usahanya dengan mendirikan Dimsum 49 di 2017.

Peningkatan transaksi signifikan juga dialami Dimsum 49 sejak mengikuti Tokopedia Nyam. “Penjualan kami meningkat hingga 90% atau sebesar hampir 2x lipat. Produk kami juga semakin dikenal masyarakat dengan adanya badge Terbukti Nyam!, hasil review oleh William Gozali, salah satu chef ternama Indonesia,” ungkap Kautsar.

Jessica menuturkan, “Selain untuk membantu pegiat usaha F&B mempertahankan bisnis di tengah pandemi lewat pemanfaatan teknologi, kampanye Tokopedia Nyam juga ditujukan mempermudah masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman dengan lebih mudah dan efisien, tanpa harus keluar rumah atau berkerumun.”

“Inisiatif ini sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis - tidak terkecuali pegiat UMKM di bidang F&B dan seluruh masyarakat Indonesia - agar dapat bersama mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tutupnya.

VIDEO Unboxing GoPro Hero 9 Black Garansi Resmi Indonesia:

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article