home ×
Digilife

Pemerintah Bikin Aplikasi Lagi Buat Pantau Corona, Begini Isi 10 Rumah Aman

31 March 2020 By
Pemerintah Bikin Aplikasi Lagi Buat Pantau Corona, Begini Isi 10 Rumah Aman
Share
Share
Share
Share

(Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Uzone.id -- Belum lama memamerkan PeduliLindungi, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merilis aplikasi baru yang diberi nama “10 Rumah Aman” hari ini, Selasa (31/3).

Aplikasi mobile satu ini masih berkaitan dengan penanganan virus corona di Indonesia, namun bedanya 10 Rumah Aman ditujukan untuk masyarakat yang memang mau lebih aman dalam hidup bertetangga demi sama-sama melawan pandemi COVID-19.

“Aplikasi ini dibuat berdasarkan sifat kekhasan masyarakat, yakni mandiri dan gotong royong, jadi penuh kearifan lokal karena setiap pengguna bisa melaporkan kondisi di sekitarnya seperti apa guna mencegah dan antisipasi corona,” ungkap Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat siaran langsung konferensi pers di YouTube Kominfo, Selasa (31/3).

Baca juga: Aplikasi Pelacak Jejak Positif Corona Bukan TraceTogether, Seberapa Canggih?

Dilihat dari namanya, aplikasi 10 Rumah Aman ini punya makna tersendiri dan tidak jauh-jauh dari cara kerjanya.

“Jadi kami harap ada satu orang jadi koordinator, memperhatikan dua rumah di sebelah kanan, dua di sebelah kiri, depan dan belakang, nanti dia melakukan berbagai langkah agar wilayahnya itu bisa terdata soal warganya, dari urusan suhu tubuh, sampai lainnya,” katanya singkat.

Aplikasi 10 Rumah Aman ini sudah tersedia di platform Google PlayStore dan gratis diunduh.

Seperti apa isinya?

Isi aplikasi ini menggunakan latar warna merah. Para pengguna disebut sebagai “Pejuang Aman” dan kita bisa langsung mendaftarkan diri.

Ada beberapa pilihan fitur dan menu di dalamnya yang tampaknya dibikin untuk menunjang kebersamaan namun tetap aman selama pandemi, seperti cara memeriksa suhu tubuh secara manual, masak dan berbagi dengan sesama, dan berbagai informasi tentang kesehatan.

Di kolom bawah aplikasi ada beberapa menu juga seputar COVID-19, seperti mengenal virus ini, pengertian physical distancing, bagaimana terhindar dri risiko, dan hal-hal umum lain yang sebenarnya bisa kita googling secara mandiri.

Aplikasi ini juga mengintegrasikan layanan digital Prixa agar pengguna bisa mengecek kondisi kesehatan masing-masing berdasarkan pertanyaan yang diajukan.

Tak lupa, 10 Rumah Aman ini tetap mempromosikan akun WhatsApp resmi milik negara, COVID-19 yang dapat memberikan informasi seputar corona di Indonesia.

Kalau kalian penasaran, bisa unduh aplikasi 10 rumah Aman di ponsel Android masing-masing.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id