icon-category Auto

Pemilu Bikin Konsumen Tunda Beli Mobil, Pabrikan Makin gencar Luncurkan Produk Baru

  • 17 Apr 2019 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Pemilu emang pestanya Demokrasi, tapi bukan pestanya pabrikan otomotif.

Karena pemilu, seperti yang sudah-sudah, penjualan mobil cenderung stagnan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), pada kuartal pertama 2019, hampir semua pabrikan mencatatkan penurunan penjualan.

Tonton video test drive mobil PUBG buatan Indonesia:

Sepanjang Januari - Maret 2019, penjualan mobil secara total tercatat 253.863 unit, sementara diperiode yang sama tahun lalu tercatat 292.031 unit. Turun dikit lah ya..

Tahun politik, dimana Pemilu terjadi, diduga jadi salah satu penyebab, karena banyak masyarakat menunda investasinya.

“Dari sisi ekonomi, semuanya normal kok. Jadi dari sisi wait and see aja, biasanya karena tahun politik,” ujar Yohanes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO.

Namun, khusus pemilu kali ini, ada fenomena unik, saat konsumen menunda beli mobil sambil menunggu kondisi pasca pemilu, pabrikan malah makin gencar meluncurkan mobil-mobil baru.

Padahal biasanya, ketika tahun politik, pabrikan pun cenderung pasif dalam menjajakan maupun meluncurkan model-model barunya, karena menunggu kondisi kembali kondusif.

“(Tahun politik) Ada pengaruh, tapi gak banyak. Tapi kita yakin abis Pemilu kan ada Hari Raya, jadi cuma pending demand aja,” komentar Donny Saputra, Direktur Marketing Suzuki Indonesia.

“April emang ada Pemilu, yang bikin hari kerja jadi lebih pendek, jadi penjualan juga akan terpengaruh turun,” kata Jonfis Fandy, Direktur Marketing dan Aftersales Service Honda Indonesia.

Semakin kerasnya persaingan, ditambah target penjualan yang gak peduli sedang Pemilu atau tidak, justru membuat pabrikan harus makin gencar menggoda konsumen untuk selalu melakukan pembelian.

Sejak awal tahun aja, hampir semua pabrikan berlomba meluncurkan senjata-senjata andalannya.

Bahkan, jelang dan pasca hari H, beberapa pabrikan terus menggelar aktifitas marketing, entah sekedar menggelar promo, sesi test drive, sampai meluncurkan mobil baru.

Toyota, Wuling, Yamaha, Nissan, dan beberapa pabrikan lain, semuanya menggelar aktifitas yang berdekatan dengan hari H pencoblosan (17 April 2019).

“Suasana masih kondusif sih, jadi aktifitas penjualan dan manufactur berjalan seperti biasa. Untuk pengaruh ke penjualan, mari kita nantikan dari data bulan April ini,” tutup Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Indonesia.

Tonton video test drive menyiksa Avanza termahal:

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini