icon-category Health

Penderita Hepatitis Harus Bawa Alat Cukur Sendiri

  • 28 Jul 2017 WIB
Bagikan :

Hepatitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Penularannya pun dapat melalui kotoran yang terkontaminasi pada makanan, maupun kontak langsung dengan cairan tubuh.

Karena itu, untuk mencegah penularan, penderita hepatitis sebaiknya menggunakan alat cukur pribadi jika akan memangkas rambut atau kumis. Dengan membawa alat cukur sendiri, maka penderita tidak akan menularkan penyakitnya kepada orang lain jika terjadi luka akibat goresan alat cukur.

"Kalau terjadi luka, lalu gunting atau alat pangkasnya dipakai bergantian bisa menjadi sumber penularan bagi orang lain. Jadi memang sebaiknya bawa alat cukup pribadi," ungkap dr Irsan Hasan SpPD-KEGH pada temu media peringatan Hari Hepatitis Sedunia di Jakarta, belum lama ini.

Lebih lanjut, dia memaparkan, kesadaran untuk membawa alat cukur pribadi seharusnya dimiliki penderita hepatitis. Itu dilakukan untuk mencegah penularan kepada orang lain.

"Begitu dia mau cukur, dia siapkan sendiri alat cukurnya.  Harusnya semua yang sakit sadar untuk melakukan itu," tandasnya.

 

Berita Terkait:

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Tags : Hepatitis Penyakit 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini