home ×
Digilife

Pendiri Nvidia Ternyata Mantan Karyawan AMD

13 August 2020 By
Pendiri Nvidia Ternyata Mantan Karyawan AMD
Share
Share
Share
Share

Nvidia Founder, Jensen Huang (Foto: SyncedReview)

Uzone.id - Pendiri perusahaan prosesor grafis Nvidia, Jensen Huang, ternyata dulu adalah karyawan perusahaan semikonduktor AMD. Usai lulus dari kuliahnya di Amerika Serikat pada 1984, dia langsung bergabung dan mendesain mikroprosesor untuk AMD.

Sebelum mendirikan Nvidia pada 1993, Huang menuntaskan gelar masternya di bidang teknik listrik di Stanford University. Dia juga sempat menjabat sebagai Director of Coreware di LSI Corporation, perusahaan yang kemudian dibeli oleh Avago/Broadcom pada 2014.

Saat mendirikan Nvidia, Huang langsung menggeber pasar dengan menciptakan kartu grafis pertamanya, yaitu Diamond Edge 3D. Kartu grafis ini dikeluarkan pertama kali pada 1995 dan dijual sebagaii paket hiburan lengkap yang berisi 2D dan 3D, sound card terintegrasi, games, bersamaan dengan Sega Saturn Controller.

Baca juga: Nvidia Ingin Beli Perusahaan Arsitektur Prosesor ARM

Ini merupakan produksi gabungan hasil kolaborasi Nvidia dan Sega. Diamond Edge 3D dipamerkan ke pasar kala itu dengan harga USD249,99 lengkap dengan dua kontroler Sega Saturn dan sebuah papan adapter yang dicolokkan ke dalam kartu grafis.

Games Sega Saturn juga disematkan di dalamnya, seperti Virtual Fighter Remix dan Panzer Dragoon, yang pernah dimasukkan ke dalam Windows 95.

Porsi grafis dari Diamond Edge 3D ditangani oleh chipset NV1 60MHz Nvidia, yang diproduksi oleh SGS-Thomson sebagai model STG2000. Sedangkan mesin audio MIDI yang terintegrasi menawarkan 32-channel dan kemampuan playbak 350 MIPS.

Upaya Nvidia berikutnya, yang menghadirkan RIVA 128 (Real-time Interactive Video and Animation) lebih sukses lagi. RIVA didesain sebagai akselerator 3D berbasis polygon, didukung Direct3D dan OpenGL APIs. Dibuat dengan proses fabrikasi 350nm dan clocked 100 MHz.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article