icon-category Digilife

Pengapalan Smartwatch Dkk Naik 9,9 Persen di Q3 2021

  • 08 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Andres Urena (Unsplash)

    Uzone.id - Tren untuk perangkat wearable seperti smartwatch, earphone dan TWS terus meningkat, begitupun pada kuartal ketiga tahun ini.

    International Data Corporation (IDC) telah merilis laporan untuk pasar global perangkat wearable di Q3 2021.

    Dalam laporannya, pertumbuhan pengiriman perangkat wearable meningkat sekitar 9,9 persen dari tahun ke tahun dengan peningkatan pengiriman menjadi 138,4 juta unit.

    Salah satu yang mengalami peningkatan adalah pengiriman perangkat earphone, termasuk earbud TWS yang meningkat sebanyak 26,5 persen.

    Untuk pertama kalinya, pengapalan jam tangan pintar melampaui pengapalan perangkat fitness trackers. Dengan ini, perangkat smartwatch menjadi kategori kedua terbesar untuk perangkat wearable, meningkat sekitar 4,3 persen.

    Baca juga: Q2 2021, Pengapalan Smartwatch Naik 47 Persen

    Alasan utama naiknya angka pengiriman jam tangan pintar adalah naiknya permintaan pengguna akan fitur dan fungsi yang lebih kuat dari perangkat, dengan ini mereka sedikit demi sedikit beralih ke jam tangan pintar dari fitness tracker.

    Selain itu, harga juga tak jauh beda sehingga membuat mereka semakin yakin berpindah perangkat ke smartwatch.

    Untuk perusahaan, Apple masih mendominasi pasar dengan pangsa pasar 28,8 persen dan pengiriman 39,8 juta unit. Pengiriman Apple Watch turun 35,5 persen namun masih bisa dipertahankan oleh AirPods.

    Wearable-Market-Share-Q321-1

    Foto: IDC (Dok. Gizmochina)

    Kemudian ada Samsung di posisi kedua kedua dengan pangsa pasar 9,2 persen dan pengiriman 12,7 juta. Xiaomi juga mencatat angka yang sama, duduk bersama Samsung untuk peringkat kedua di kuartal ketiga 2021.

    Huawei dan perusahaan yang berbasis di India, Imagine Marketing meraih posisi keempat dan kelima dengan pangsa pasar masing-masing 7,9 persen dan 7,2 persen. 

    Huawei mengirimkan sekitar 10,9 juta unit sementara Imagine Marketing, yang menjual produk dengan merek boAt, berhasil mengirimkan sekitar 10 juta unit pada Q3 2021.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini