icon-category Digilife

Pengguna Android dan iOS Kini Bisa Video Call via Gmail

  • 08 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Foto ilustrasi: Solen Feyissa/Unsplash

    Uzone.id – Bisa dibilang, Google belajar dari kesalahan. Setelah bertahun-tahun mencoba menghadirkan layanan komunikasi yang terpaksa ditutup karena gagal menggaet konsumen, kini raksasa teknologi Mountain View ini mengandalkan Gmail.

    Yup, Google menghadirkan fitur panggilan suara dan video call untuk Google Chat yang ada di dalam aplikasi Gmail. Langkah ini kemudian dinilai sebagai pelajaran bagi Google yang akhirnya menyadari bahwa konsumen cenderung enggan menggunakan banyak aplikasi hanya untuk berkomunikasi dengan orang lain.

    Deretan layanan komunikasi Google yang terpaksa disuntik mati di antaranya Hangouts, Allo, Duo, hingga Google Plus. Sampai akhirnya di titik ini, Google memberdayakan Gmail yang sudah jelas digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia.

    Baca juga: Masih Pakai OS Gingerbread? Say Goodbye to Gmail, YouTube dkk

    Mengutip BGR, pengguna sudah bisa mencicipi rapat atau berbincang melalui panggilan suara atau video call dari chat Google Chat di dalam aplikasi Gmail di ponsel Android maupun iOS.

    Cara menggunakannya pun praktis. Pengguna tinggal membuka chat one-on-one alias japrian dengan kontak yang diinginkan, lalu klik ikon telepon atau ikon video di bagian pojok kanan atas.

    Selain memulai obrolan secara langsung, pengguna juga bisa nimbrung, alias bergabung di dalam percakapan orang lain yang sudah lebih dulu dimulai. Kita bisa melihat opsi untuk bergabung ini di dalam chat japrian dengan teman. Setelah bergabung, pengguna bisa melihat banner di atas layar berupa nama kontak dan durasi percakapan.

    Baca juga: 4 Layanan Alternatif Selain Gmail

    Sementara jika kita melewatkan panggilan dari orang lain, kita akan melihat ikon telepon atau ikon video warna merah di samping nama kontak.

    “Sudah banyak yang kembali bekerja di kantor, meski ada juga yang tetap bekerja dari jarak jauh, kami berharap fitur ini mempermudah untuk terhubung dengan para kolega di lingkungan kerja hybrid,” ungkap tim Gmail.

    Mereka melanjutkan, “fitur ini memungkinkan pengguna berpindah dari chat menjadi panggilan suara atau video secara mulus ketika dibutuhkan, serta menunjang kolaborasi dan meningkatkan cara kerja kalian.”

    Google mengaku telah merilis fitur ini pada pekan ini. Bagi pengguna yang ingin mencoba fitur panggilan suara dan video Gmail, Google menyarankan untuk mengunduh aplikasi Gmail versi terbaru di Apple App Store dan Google Play Store.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini