icon-category Digilife

Pengguna Instagram Bisa Silent Notifikasi Pakai Fitur ‘Quiet Mode’

  • 20 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: Instagram

Uzone.id – Instagram termasuk rajin meluncurkan fitur baru terlepas pada akhirnya betul-betul dipakai dan berguna untuk pengguna atau berakhir diabaikan. Fitur terbaru yang hadir kali ini diberi nama Quiet Mode.

Sesuai namanya, fitur ini memberikan fungsi seperti silent pada ponsel. Saat Quiet Mode diaktifkan, pengguna tidak akan diganggu oleh notifikasi apapun dari Instagram.

“Quiet Mode di Instagram hadir untuk membantu pengguna fokus melakukan hal-hal lebih penting dan mendorong kalian agar memiliki batasan dengan teman-teman dan follower,” tulis pihak Instagram dalam blog resmi perusahaan.

Instagram melanjutkan, “jika diaktifkan, pengguna tidak akan menerima notifikasi apapun, status aktivitas di profil akan berubah supaya orang lain tahu dan kami akan mengirim pesan auto-reply ketika ada yang mengirim DM,” tulis pihak Instagram dalam blog resmi perusahaan.”

Baca juga: Instagram Depak Fitur Shopping dari Menu Utama

Dari penuturan pihak Instagram, banyak remaja yang melaporkan ke layanan mereka bahwa mereka ingin membagi waktu untuk diri sendiri dan mencari cara agar bisa fokus pada malam hari, seperti saat sedang belajar dan jam sekolah.

Instagram kemudian memberikan video singkat berisi fungsi dan cara mengaktifkan Quiet Mode.

Begini langkahnya:

  1. Buka profil Instagram
  2. Klik opsi 3 garis di pojok kanan > klik Settings
  3. Pilih Notifications > klik Quiet Mode > aktifkan toggle Quiet Mode
  4. Ke kolom Turn on automatically untuk mengatur sendiri waktu Quiet Mode yang diinginkan (contoh: dari 23.00 - 7.00 WIB)
  5. Selesai

“Kami menganjurkan para remaja memanfaatkan Quiet Mode pada malam hari. Fitur ini tersedia untuk semua pengguna di Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Kanada, Australia, dan Selandia Baru, dan kami harap fitur ini dapat segera hadir di negara-negara lain,” tutur Instagram.

Sebelum ada fitur Quiet Mode, pengguna Instagram sejatinya sudah bisa mengatur notifikasi sendiri melalui Settings di masing-masing ponsel, Android dan iOS.

Dengan adanya Quiet Mode, pengguna dapat langsung mengontrol penggunaan Instagram langsung dari aplikasi.

Kita tunggu saja kapan Quiet Mode muncul untuk pasar Indonesia.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini