home ×
Gadget

Pengguna Ponsel Huawei Terancam Gak Dapat Update Android?

19 August 2020 By
Pengguna Ponsel Huawei Terancam Gak Dapat Update Android?
Share
Share
Share
Share

(Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Uzone.id -- Lisensi sementara yang memperbolehkan Huawei menjalankan kerja sama bisnis secara terbatas dengan perusahaan-perusahaan Amerika Serikat telah berakhir pada 13 Agustus kemarin. Artinya, hal ini dapat mengancam pengguna ponsel-ponsel Huawei terdahulu tidak akan mendapatkan update OS Android.

Lisensi sementara tersebut memiliki tujuan untuk memberikan waktu kepada perusahaan telekomunikasi AS agar mencari alternatif dari infrastruktur Huawei yang selama ini mereka pakai.

Terlepas dari urusan infrastruktur, tentu hal ini turut mempengaruhi bisnis ponsel pintar Huawei juga yang artinya aplikasi dan layanan Google di dalam ponsel Huawei terancam akan mati.

Baca juga: Amerika Semakin Bikin Huawei Terjepit

Mengutip beberapa sumber, ponsel Huawei yang akan terpengaruh adalah produk-produk yang sudah lebih dulu meluncur sebelum adanya aturan Entity List dari pemerintah AS pada Mei 2019 seperti lini Huawei P30, P20, Mate 20, dan lain-lain. Ponsel-ponsel ini masih memiliki layanan mobile Google (Google Mobile Service) secara lengkap.

Lebih detailnya lagi, pengguna ponsel-ponsel Huawei terdahulu tidak akan mendapatkan update software Android terbaru termasuk patch keamanan yang seharusnya diterima di dalam ponsel.

Baca juga: Google Minta Izin Kerja Bareng Huawei Lagi

Meski begitu, tampaknya hal ini tidak berdampak pada semua ponsel pintar Huawei, sebab produk yang dirilis terhitung setelah Mei 2019 disebut-sebut tetap aman karena mereka menggunakan Android versi open-source, sehingga ponsel-ponsel ini tetap mendapatkan update secara langsung dari Huawei, bukan Google.

Dari penuturan juru bicara Huawei kepada Washington Post, mereka mengklaim bahwa perusahaan sedang memantau situasi ini dan mengkaji dampak terbesarnya.

Sementara pihak Google enggan berkomentar lebih jauh mengenai masa depan update Android pada ponsel Huawei.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id