icon-category Digilife

Penjelasan Ilmiah Septic Tank Meledak Hingga Tewaskan Supir Truk Tinja

  • 07 Nov 2019 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi ledakan (Foto: Jens Johnsson / Unsplash)

    Uzone.id - Mendengar kentut 'meledak' saja rasanya sudah khawatir banget mencium bau aroma 'kematian'. Nah, ini lagi ramai di sosial media menayangkan video septic tank meledak. Waduh!

    Peristiwa yang bikin ngenes ini terjadi di septic tank yang berada di rumah milik Agus Sholeh di Kapling O, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur. Video itu memperlihatkan ledakan hebat hingga lapisan beton terlempar dan hampir menumbuk seorang lelaki.

    Sungguh disayangkan, ledakan itu memakan korban seorang supir truk tinja berinisial S (44). S meninggal dunia akibat luka bakar di wajahnya. Ledakan itu tercipta setelah S memasukkan koran yang terbakar ke dalam lubang septic tank.

    Baca juga: Honda dan Suzuki Kok Gak Ada di IIMS Motobike Expo 2019?

    Nah, kenapa sampai septic tank meledak sih?

    Peneliti Utama Teknologi Lingkungan di Loka Penelitian Teknologi Bersih Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Neni Sintawardani memberikan penjelasan ilmiah mengenai septic tank yang meledak itu.

    Menurut Neni, septic tank meledak karena di dalamnya sudah terakumulasi gas metana gara-gara tidak ada lubang pembuangan gas. Metana pun akhirnya terperangkap dalam septic tank. Jika diberi api maka bisa meledak.

    "Jika dari segi proses biasanya akan mengalami proses anaerobik. Itu proses tidak boleh ada oksigen. Sehingga bakteri akan mengonsumsi polutan yang mengeluarkan biogas, yaitu gas metana. Itu gas yang mudah terbakar. Bisa dimanfaatkan energi," tutur Neni.

    Dari peristiwa ini, coba cek lagi penataan septic tank di rumah kalian. Sudah sesuai prosedur belum.

    VIDEO Review Samsung Galaxy A20s dan A30s

     

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini