Auto

Penjualan Mobil Hybrid Toyota Terus Naik, Walau Gak Sesadis Avanza

  • 28 January 2020
  • Bagikan :

    Foto: Bagja - Uzone.id

    Uzone.id - Mobil ramah lingkungan mulai digembar-gemborkan pemerintah. Pabrikan meresponnya dengan menghadirkan mobil-mobil ramah lingkungan, utamanya hybrid dan listrik.

    Meski kita tau, sepanjang tahun 2019 upaya yang dilakukan pabrikan baru sebatas pengenalan dan cek ombak tanpa berharap profit, karena memang mobil ini relatif masih asing dan gak familiar bagi publik Indonesia.

    Meski begitu, Toyota mulai melihat potensinya, khususnya yang berjenis hybrid. Hal tersebut berdasarkan dari pencapaian mereka menjual secara resmi mobil-mobil hybrid alias Hybrid Electrified Vehicle (HEV).

    Baca juga: Wuling Cortez Belum jadi Lawan Sepadan Toyota Innova

    Penjualan mobil-mobil HEV Toyota diklaim naik drastis, dimana sepanjang tahun 2019 lalu terjual sebanyak 2.500 unit. Secara jumlah, emang gak sesadis penjualan Avanza, tapi tetep aja ini kabar baik.

    Total penjualan HEV Toyota Brand (Toyota & Lexus) sepanjang 2019 mencapai 647 unit. Dan C-HR HEV yang diluncurkan TAM pada April 2019 lalu menjadi kontributor terbesar penjualan HEV Toyota dengan kontribusi sebesar 42,4% dan diikuti oleh Camry HEV dengan kontribusi 29,4%.

    Di tengah kondisi pasar otomotif yang kurang menggairahkan sepanjang 2019, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mencatat penjualan Whole Sales Toyota pada 2019 mencapai 331.797 unit.
    Angka ini hanya mengalami penurunan sebesar 5,7% atau di bawah penurunan rata-rata industri sebesar 10,5%.

    Penjualan otomotif secara nasional turun dari 1.151.413 unit pada 2018 menjadi 1.030.126 unit, sehingga pangsa pasar Toyota naik menjadi 32,2% dibandingkan 2018 sebesar 30,6%

    “Kami melihat konsumen otomotif di Indonesia semakin memahami pentingnya kehadiran mobil HEV sebagai sarana mobilitas yang mampu menunjang program pemerintah dalam mendorong penggunaaan kendaraan ramah lingkungan. Kami optimis kendaraan HEV akan semakin diterima masyarakat luas,” kata Marketing Director PT. Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

    VIDEO Hyundai Tucson First Impression