home ×
Gadget

Perang Ponsel Entry Level: Poco M3 vs Realme C17

27 January 2021 By
Perang Ponsel Entry Level: Poco M3 vs Realme C17
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Tidak hanya smartphone di segmen atas dan menengah, sektor entry level pun kalah serunya. Terbaru, Poco M3 baru saja dirilis yang menahbiskan diri sebagai ponsel entry level killer.

Tentu saja klaim itu harus mendasar, salah satunya membandingkan dengan lawan yang sepadan. Salah satunya adalah Realme C17, yang baru saja diluncurkan.

Seperti apakah perbandingan keduanya, simak penjelasannya di bawah ini.

Desain

Poco M3 menggunakan LCD FullHD+ 6,53 inci dengan poni tipis sebagai wadah bagi kamera selfie 8MP. Layarnya juga memiliki screen to body sebesar 90,34 persen.

Sementara Realme C17 mengusung layar 6,5 inci, IPS LCD, sudah diproteksi Corning Gorilla Glass, dan bezel yang cukup tipis.



Layar Realme C17 juga punya resolusi HD+, 720 x 1600 piksel. Jadi dengan resolusi ini, kami cuma bisa menonton video YouTube di resolusi 720 piksel. Tidak ada pilihan 1.080 piksel.

Sementara Poco hadir dengan resolusi resolusi 1.080 x 2.340 piuksel, rasio 19,5:9, Gorilla Glass 3, 400 nits



Namun soal desain, sebetulnya Realme C17 tampak seperti itu-itu saja. Sedangkan, Poco M3 mampu menggebrak dengan kehadiran desain yang berbeda.

Di sini keunggulan Poco M3 sukses dihadirkan ketimbang Realme C17.

Kamera

Realme C17 hadir dengan empat kamera belakang, yaitu lensa ultra wide-angle 8 MP, 13 MP kamera utama, 2 MP lensa makro, dan 2 MP lensa B&W. kamera selfienya 8MP.


Kamera belakangnya banyak, tapi fitur-fiturnya sangat sedikit. Jadi, kami cuma bisa memotret wide-angle, efek bokeh, portrait untuk menghasilkan blur untuk objek agak besar, lalu ultra-macro. Untuk video juga tidak ada fitur stabilisasi.

Sementara Poco M3, kameranya dilengkapi dengan tiga lensa yang terdiri dari primer 48MP, makro 2MP, dan sensor kedalaman 2MP.



Walaupun lensanya lebih sedikit dari Realme C17, namun demikian Poco M3 mempunyai resolusi yang lebih tinggi ketimbang lawannya tersebut.

Performa

Poco M3 ditenagai Snapdragon 662 SoC. Prosesor terbaru dari Qualcomm itu biasanya digunakan untuk kelas mid-rang.

Selain itu, ponsel ini dibekali dengan kapasitas baterai yang lumayan tahan lama. Besarnya sekitar 6.000 mAh yang diklaim bisa bertahan sampai lebih dari 24 jam.

Untuk mendengarkan musik, Poco M3 bisa mendengarkan lebih dari 196 jam, atau untuk Live Streming bisa sampai 72 jam. Baterai Poco M3 juga dilengkapi dengan 18W Fast Charge.



Perangkat ini memiliki RAM 4GB berpadu dengan dua opsi penyimpanan 64GB dan 128GB. Tersedia juga slot kartu microSD, khusus bagi yang ingin mengekspansi kembali sektor penyimpanan.

Jangan lupa, dipersenjatai juga dengan teknologi 6GB LPDDR4X. Namun sistem operasinya masih MIUI 12 yang berbasis Android 10.

Realme C17 dibekali prosesor Snapdragon 460. Ponsel ini juga hadir dengan kapasitas memori RAM 6 GB dan ROM 256 GB.

Dari sini bisa terlihat, performa Poco M3 jauh lebih unggul ketimbang lawannya Realme C17.

Kesimpulan

Dengan harga Rp2,8 juta, mendekati Rp3 juta, kami tidak bisa banyak berharap dari Realme C17. Kami cuma mendapatkan beberapa keuntungan, seperti refresh rate 90 Hz, kapasitas memori RAM 6 GB dan ROM 256 GB, dan baterai besar 5000 mAh.

Sedangkan meski disebut sebagai entry level, Poco M3 memiliki spesifikasi yang biasa disematkan di smartphone mid-range, bahkan flagship.



Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article