icon-category Gadget

Perbandingan iPhone SE 2022 vs iPhone 13 Mini, Pilih Mana?

  • 13 Jul 2022 WIB
  • Bagikan :
    iPhone SE 2022 (Foto: Unsplash)

    Uzone.id - iPhone SE 2022 adalah salah satu smartphone versi murah dari Apple yang memiliki harga sekitar Rp 6 juta pada peluncurannya. 

    Dikutip dari ceklist.id, kehadiran iPhone SE adalah untuk melawan ponsel Android di kelas menengah sekitar Rp 5 hingga 8 jutaan. Meski spesifikasinya tak terlalu mumpuni dibandingkan iPhone 13, namun ada beberapa aspek pada iPhone 13 yang dapat ditemui pada iPhone SE 2022.

    Harganya cukup berbeda ketimbang seri iPhone 13 yang memang berada di tingkatan kelas premium atau sebagai salah satu HP iPhone Terbaik. Seperti diketahui, iPhone 13 memiliki banderol sekitar Rp 10 juta, pada rilis 2021 lalu. 

    Apabila menengok lebih dalam isi dapur pacunya, iPhone SE 2022 punya “otak” terbaru yang juga digunakan pada produk iPhone 13 series. Dari sisi desain, iPhone SE 2022 juga punya desain serupa dengan iPhone SE 2020. Artinya, hampir serupa dengan pendahulunya, yakni iPhone 8.

    Meski desainnya sama dengan iPhone 8, spesifikasi iPhone SE 2022 memiliki beberapa tambahan. iPhone SE 2022 dibekali dengan chipset terbaru dari Apple, yakni A15 Bionic. Fitur ini juga dipakai di pada ponsel seri iPhone. Lalu, konektivitasnya juga sudah mendukung jaringan seluler terbaru 5G.

    "iOS 15 memungkinkan Anda melanjutkan percakapan sambil membagikan film, musik, atau apa pun yang ada di layar Anda, langsung di FaceTime.

    Tetap fokus dengan menyaring pemberitahuan yang tidak berkaitan dengan tugas yang dikerjakan. Dan berinteraksi dengan teks dalam gambar untuk mengirimkan email dengan cepat, melakukan panggilan, mendapatkan petunjuk arah, dan banyak lagi," tulis laman Apple. 

    Menilik pada sejarahnya, iPhone SE memang selalu dibekali chipset yang juga dipakai pada seri iPhone terbaru di masanya. Hanya saja memiliki harga yang jauh lebih murah dengan desain yang berbeda.

    "Toko, kantor, dan pusat data kami sudah bebas karbon. Pada tahun 2030, produk kami juga akan bebas karbon. iPhone SE kini menggunakan unsur logam tanah langka 100 persen daur ulang dalam Taptic Engine dan magnet audionya. Kami juga tidak lagi menggunakan plastik yang membungkus kotaknya," tulis laman Apple.

    Meski punya komponen yang serupa, iPhone SE 2022 tidak akan pernah menjadi bagian dari keluarga iPhone 13 series. Dari segi desain jelas menjadi salah satu pembeda antara iPhone SE 2022 dengan iPhone 13 Mini.

    Berikut rangkumkan perbandingan spesifikasi antara iPhone SE 2022 dan iPhone 13 Mini.

    Spesifikasi iPhone SE 2022


    Pada bagian muka, iPhone SE 3 memiliki ukuran layar 4,7 inci dengan panel Retina IPS beresolusi 1334 x 750 piksel. Pada ponsel dengan ketebalan mencapai 7,3 mm dan bobot 144 gram ini, punya bezel yang cukup tebal di bagian bawah dan atas layarnya.

    Bezel di bawah layar ponsel tersebut memiliki fungsi untuk menampilkan tombol home. Sehingga dapat mendukung sistem keamanan biometrik Touch ID. Adapun pada bezel yang terletak di atas layar, berfungsi untuk memuat kamera selfie MP (f/2.2).

    Kemudian, pada bagian punggung, iPhone SE 2022 memiliki satu kamera belakang dengan resolusi mencapai 12 MP (f/1.8). Kamera belakangnya lengkap dengan fitur Deep Fusion dan Smart HDR 4, yang mumpuni untuk mengambil gambar dengan kualitas yang optimal.

    Untuk mendukung operasionalnya, iPhone SE 2022 menggunakan chipset A15 Bionic. Ponsel ini dibekali dengan dukungan konektivitas pada jaringan seluler 5G.

    Lalu, untuk sektor daya, iPhone SE 2022 memiliki baterai yang mampu untuk digunakan memutar video hingga 15 jam dari kondisi daya penuh sampai kosong, dengan dukungan pengisian daya cepat 20W dan Qi Wireless Charging.

    Untuk Anda ketahui, Apple memang tidak pernah memberikan informasi lebih lanjut mengenai berapa besar kapasitas baterai iPhone, sehingga hanya menampilkan kekuatan penggunaan baterainya.

    Untuk sisi software, ponsel ini menjalankan sistem operasi terbaru Apple, yakni iOS 15. Fitur lainnya yang terdapat di iPhone SE 2022, meliputi dukungan NFC, Bluetooth 5.0, WiFi 6, dan sebagainya.

    Spesifikasi iPhone 13 Mini

    Lantas, bagaimana dengan iPhone 13 Mini? Ponsel ini memiliki spesifikasi yang sangat berbeda dengan iPhone SE 2022 dan terlihat lebih unggul. Maka, tak heran jika harganya juga lebih mahal. 

    Pada bagian muka, iPhone 13 Mini mengusung layar berdiagonal 5,4 inci, atau lebih besar dari iPhone SE 2022. Panel yang dipakai pada layar tersebut juga lebih mantap, yakni Retina OLED beresolusi 2340 x 1080 piksel. Kemudian, terdapat notch khas Apple untuk memuat kamera selfie beresolusi 12 MP (f/2.2).

    Sistem keamanan biometrik di iPhone 13 Mini sudah menggunakan Face ID atau pendeteksi wajah dengan keberadaan sensor TrueDepth yang ada di kamera depannya.

    Pada ke bagian punggung, iPhone 13 Mini dibekali dua pengaturan kamera belakang, terdiri dari kamera wide 12 MP (f/1.6) dan kamera ultra wide 12 MP (f/2.4), serta telah diperkuat juga dengan fitur Deep Fusion dan Smart HDR 4.

    Pada sektor hardware, iPhone 13 Mini telah menggunakan chipset A15 Bionic. Ponsel ini juga telah dibekali dengan dukungan konektivitas pada jaringan seluler 5G.

    Kemudian, keunggulan berikutnya juga dapat ditemukan pada sektor daya. iPhone 13 Mini punya baterai yang lebih unggul ketimbag iPhone SE 2022. Baterai iPhone 13 Mini mampu untuk memutar video hingga 17 jam dari kondisi daya penuh sampai kosong, lewat dukungan pengisian daya cepat 20W dan Qi Wireless Charging.

    Ponsel ini juga menjalankan sistem operasi terbaru milik Apple, yakni iOS 15. Fitur lainnya meliputi dukungan NFC, Bluetooth 5.0, WiFi 6, dan sebagainya.

    Itulah perbandingan spesifikasi dan harga antara iPhone SE 2022 dengan iPhone 13 Mini. Mana yang menjadi pilihan Anda?

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini