icon-category Gadget

Perbandingan Nintendo Switch OLED, Switch Standar, dan Switch Lite

  • 08 Jul 2021 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

    Uzone.id - Setelah lama menunggu, Nintendo akhirnya resmi mengumumkan versi terbaru dari konsol game mereka, Nintendo Switch OLED yang akan diluncurkan pada bulan Oktober mendatang.

    Seperti namanya, Switch OLED hadir dengan panel layar OLED berukuran 7 inci. Selain layar yang berbeda, Switch OLED juga hadir dengan beberapa fitur yang telah ditingkatkan.

    Penggemar pasti penasaran apa perbedaan Nintendo Switch OLED terbaru dengan Nintendo Switch versi sebelumnya. Maka dari itu, disini kita akan mengulik perbandingan dari tiga model Nintendo Switch tersebut. Mulai dari bobot hingga masa pakai baterai dari tiga perangkat gaming tersebut.

    Bagaimana perbandingan dari Nintendo Switch, Switch OLED, dan Switch Lite? Berikut penjelasannya.

    Ukuran dan Berat

    Nintendo Switch model standar dan Switch OLED hampir memiliki ukuran yang sama dengan tinggi masing-masing 4 inci, panjang Switch standard dan Switch hanya berbeda 0,1 inci saja, Switch standar dengan 9,4 inci dan Switch OLED 9,5 inci.

    Sedangkan ukuran Switch Lite lebih kecil dari dua perangkat lainnya, tingginya sekitar 3,6 inci dan panjang 8,2 inci. Untuk kedalamannya, tiga model memiliki tebal yang sama yaitu 0,55 inci.

    Untuk beratnya, Nintendo Switch OLED menjadi yang paling berat di antara ketiga model Nintendo dengan massa 322 gram (421 gram dengan Joy-Con). Sedangkan Switch Lite menjadi yang paling ringan dengan berat hanya 276 gram. Berat Switch standar sebesar 299 gram (399 gram dengan Joy-Con).

    Berikut keterangan Ukuran dan Berat lebih lanjutnya.

    Nintendo Switch (standar): tinggi 4 inci, panjang 9,4 inci, dan tebal 0,55. Berat 299 gram (399 gram dengan Joy-Con).

    Nintendo Switch Lite: tinggi 3,6 inci, panjang 8,2 inci, tebal 0,55. Berat 276 gram.

    Nintendo Switch OLED: tinggi 4 inci, panjang 9,5 inci, tebal 0,55. Berat 322 gram (421 gram dengan Joy-Con).

    Layar

    Salah satu yang diunggulkan oleh Nintendo Switch OLED adalah layar jenis OLED dan memiliki ukuran lebih besar dibanding pendahulunya. Nintendo Switch OLED memiliki layar OLED berukuran 7 inci dengan layar sentuh kapasitif multi-touch beresolusi 1280x720.

    Untuk pendahulunya, Switch versi standar berada di posisi kedua untuk ukuran layar. Layar jenis LCD Switch versi ini memiliki lebar 6,2 inci dengan layar sentuh kapasitif multi-touch beresolusi 1280x720.

    Switch Lite memiliki ukuran layar LCD sebesar 5,5 inci dengan layar sentuh kapasitif beresolusi 1280 x 720.

    Berikut keterangan lebih lanjutnya.

    Nintendo Switch (standar): Layar sentuh kapasitif multi-touch / Layar LCD 6,2 inci / 1280 x 720

    Nintendo Switch Lite: Layar sentuh kapasitif / LCD 5,5 inci / resolusi 1280x720

    Nintendo Switch OLED: Layar sentuh kapasitif multi-touch / layar OLED 7,0 inci / 1280x720

    CPU dan GPU

    Nintendo Switch, Switch Lite dan Switch OLED dibekali prosesor yang sama, yaitu NVIDIA Custom Tegra processor.

    Penyimpanan

    Nintendo Switch OLED menghadirkan penyimpanan dua kali lebih luas dari pendahulunya. Switch OLED dibekali memori internal sebesar 64GB yang bisa diperluas menggunakan kartu microSDHC atau microSDXC hingga 2TB.

    Sedangkan Nintendo Switch versi standar dan Switch Lite sama-sama memiliki memori internal 32GB, sebagian penyimpanannya dicadangkan untuk sistem. Bisa juga diperluas menggunakan kartu microSDHC atau microSDXC hingga 2TB.

    Berikut detail lebih lanjutnya,

    Nintendo Switch (standar): Memori internal 32GB, sebagian dicadangkan untuk digunakan oleh sistem. Expand memori dengan kartu microSDHC atau microSDXC hingga 2TB.

    Nintendo Switch Lite: Memori internal 32GB, sebagian dicadangkan untuk digunakan oleh sistem. Expand memori dengan kartu microSDHC atau microSDXC hingga 2TB.

    Nintendo Switch OLED: Memori internal 64GB. Expand memori dengan kartu microSDHC atau microSDXC hingga 2TB.

    Jenis Baterai dan Masa Pakai Baterai

    Baterai yang disematkan pada Nintendo Switch dan Nintendo Switch OLED adalah Lithium-ion battery dengan kapasitas 4310mAh yang diklaim mampu bertahan saat bermain game selama 9 jam penuh.

    Untuk Nintendo Switch Lite, baterai yang disematkan adalah Lithium ion battery dengan kapasitas 3570mAh. Meski lebih kecil, Nintendo Switch Lite memiliki konsumsi daya yang lebih efisien karena ukuran layar lebih kecil serta tidak disertai Joy Con yang membutuhkan koneksi wireless.

    Berikut detail masa pakai baterai tiga seri Nintendo Switch

    Nintendo Switch (standar): Baterai akan bertahan selama 3 jam saat memainkan game seperti The Legend of Zelda: Breath of the Wild dengan perkiraan bertahan 4.5 – 9 jam.

    Nintendo Switch Lite: Baterai akan bertahan selama 4 jam saat memainkan game seperti The Legend of Zelda: Breath of the Wild dengan perkiraan bertahan 3 – 7 jam.

    Nintendo Switch OLED: Baterai akan bertahan selama 5,5 jam saat memainkan game seperti The Legend of Zelda: Breath of the Wild dengan perkiraan bertahan 4.5 – 9 jam.

    Untuk waktu pengisian daya, ketiga versi Nintendo ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam isi daya dalam sleep mode.

    Sekarang, mari kita lihat perbandingan Dok model Standar dan model OLED terbaru.

    Ukuran dan berat

    Tinggi Dok Nintendo Switch versi standar sebesar 4,1 inci, panjang 6,8 inci dan tebal 2,21 inci. Beratnya sebesar 322 gram.

    Ukuran Dok dari Nintendo Switch terbaru dengan LAN Port yaitu tinggi 4.1 inci, panjang 6,9 inci dan tebal 2 inci. Diperkirakan Dok ini memiliki berat sebesar 312 gram.

    Output

    Dok Nintendo Switch (standar): USB Port (USB 2.0 compatible) x2 di samping, 1 di bagian belakang. System connector, AC adapter port, HDMI port

    Dok Nintendo Switch OLED dengan LAN port: USB Port (USB 2.0 compatible) x2 di samping. System connector, AC adapter port, HDMI port, Wired LAN port (kabel LAN dijual terpisah.)

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini