icon-category Telco

Percepat Migrasi TV Digital, Pemerintah Sediakan 3 Juta STB Gratis

  • 25 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: Sven Scheuermeier / Unsplash)

    Uzone.id - Masih ingat soal switch off TV analog ke TV digital yang dicanangkan pemerintah? Migrasi dari TV analog ke TV digital ini akan dibagi dalam 3 tahapan, analog switch off tahap pertama akan ditargetkan selesai pada 30 April 2022 mendatang.

    Dalam 2 bulan ke depan, pemerintah serta pihak yang terlibat termasuk penyedia perangkat set top box akan melaksanakan analog switch off tahap pertama di 56 wilayah siaran yang mencakup 166 kabupaten dan kota di Indonesia.

    Daftar dari wilayah-wilayah yang melaksanakan ASO tahap pertama bisa dicek di link ini.

    “Seluruh daerah yang telah dijadwalkan untuk analog switch off tahap pertama, saat ini sudah terdapat siaran digital dan infrastruktur multiplexing yang dibutuhkan bagi setiap lembaga penyiaran untuk melakukan peralihan dari analog ke digital,” kata Ismail, Plt. Direktur Jenderal PPI Kominfo, Jumat, (25/02/2022).

    Baca: Detail Tahapan I Pemadaman TV Analog, Daerah Kamu Kapan?

    Ia menambahkan bahwa pengadaan set top box untuk ASO tahap pertama tengah berjalan dengan target selesai distribusinya pada 30 April 2022 mendatang.

    Untuk memenuhi target ini, pemerintah menyediakan bantuan perangkat set top box bagi keluarga yang tidak mampu atau RTM (Rumah Tangga Miskin) sebanyak 3,2 juta unit lebih dengan pembagian sumber penyediaan:

    893.044 unit dari grup SCTV dan Indosiar, 842.631 unit dari grup MNC, 454.749 unit dari grup Transmedia, 519.930 unit dari grup media atau Metro TV, 368.990 unit dari grup ANTV, dan 87.277 unit dari pemerintah.

    “Jumlah tersebut masih akan bisa bertambah dari lembaga penyiaran swasta yang saat ini masih dalam proses evaluasi dan seleksi penyelenggaraan multiplexing,” tambah Ismail.

    Ismail menghimbau bagi masyarakat yang tidak termasuk dalam daftar rumah tangga miskin calon penerima bantuan set top box untuk segera set top box secara mandiri dan tidak menunggu sampai siaran televisi analog dihentikan.

    Baca juga: 30 April 2022: Hitung Mundur Pemadaman Siaran TV Analog

    Selain itu, Kominfo juga mendapat dukungan dari para produsen elektronik dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan set top box hingga ASO tahap terakhir di 2 November 2022.

    Sebagai penutup, Ismail mengajak untuk bersama-sama memanfaatkan peluang digitalisasi televisi untuk menghadirkan siaran yang bersih, yang jernih, dengan mutu program-program siaran yang informatif dan menjadi sarana hiburan yang sehat di tanah air.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini