icon-category Gadget

Performa M1 Ultra, Jadi Chip M1 Terkuat Apple Saat Ini?

  • 10 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: M1 Ultra Chipset (Dok. Apple)

    Uzone.id - Apple memperkenalkan Mac Studio terbaru bersama dengan chip komputer terbaru mereka M1 Ultra pada acara Apple Event, 8 Maret 2022 lalu.

    Prosesor ini diklaim memberikan performa lebih tinggi, dan menjadi chipset jajaran terbaru yang bergabung dengan M1, M1 Pro, dan M1 Max. 

    M1 Ultra menghadirkan daya komputasi yang diklaim luar biasa untuk perangkat mereka, Mac Studio. SoC ini terdiri dari 114 miliar transistor, menjadikannya sebagai chip komputer pribadi dengan transistor terbanyak.

    M1 Ultra merupakan gabungan dari 2 buah chip M1 Max yang digabungkan dengan UltraFision. M1 Ultra tentunya diklaim lebih gahar dari SoC sebelumnya dari Apple, bahkan dimensinya jauh lebih besar dari M1 sebelumnya.

    Apple-M1-chip-family-lineup-220308_big.jpg.medium

    “M1 Ultra adalah game-changer lain untuk silikon Apple yang sekali lagi akan mengejutkan industri PC,” klaim Johny Srouji, senior vice president of Hardware Tech Apple.

    Baca juga: 5 Produk Baru di Apple Event, iPhone SE 2022 Hingga Mac Studio

    “Dengan menghubungkan dua cetakan M1 Max dengan arsitektur pengemasan UltraFusion kami, kami dapat meningkatkan silikon Apple ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya,” tambahnya.

    Srouji juga mengklaim bahwa M1 Ultra melengkapi jajaran keluarga M1 sebagai chip terkuat dan paling mumpuni di dunia untuk komputer pribadi.

    Hal ini didukung oleh CPU yang kuat, GPU besar, Neural Engine yang luar biasa, akselerasi hardware ProRes, dan unified memory dalam jumlah yang cukup besar.

    Apple-M1-Ultra-Mac-Studio-Studio-Display-Houdini-220308

    M1 Ultra hadir bersama dengan perangkat baru dari Apple yaitu Mac Studio, menjadikan keduanya sebagai kombinasi ‘gahar’ dari Apple dan menjadi komputer yang diklaim paling kuat saat ini.

    Dengan dukungan M1 Ultra, Mac Studio memiliki performa CPU hingga 3,8 kali lebih cepat dari iMac 27 inci dengan prosesor 10-core, 90 persen lebih cepat dari Mac Pro dengan prosesor Xeon 16-core, 60 persen lebih cepat dari Mac Pro dengan prosesor 28-core.

    Baca juga: Spesifikasi Lengkap iPhone SE 3 2022, Smartphone 5G Termurah dari Apple

    Selain itu, kombinasi dua perangkat baru Apple ini juga diklaim memiliki performa grafis 4,5 kali lebih cepat dari iMac berukuran 27 inci, dan 80 persen lebih cepat dari Mac dengan grafis tercepat saat ini.

    M1 Ultra dalam Mac Studio juga dapat melakukan transcoding video 12 kali lebih cepat dari iMac 27 Inci hingga 5,6 kali lebih cepat dari Mac Pro 28-core.

    Mac Studio dapat melakukan aktivitas berat seperti merender lingkungan 3D yang masif dan memutar 18 aliran video 8K ProRes 422. Mac Studio juga berhasil mendobrak batas memori grafis desktop dengan unified memory hingga 128GB pada sistem dengan M1 Ultra.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini