icon-category Telco

Perjalanan 25 Tahun Telkomsel

  • 27 May 2020 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Tanggal 26 Mei 2020, Telkomsel berusia 25 tahun. Usia yang matang dalam menghadapi tantangan di industri telekomunukasi dan teknologi.

    Tepatnya pada tanggal 26 Mei 1995, Telkomsel dibentuk sebagai perusahaan seluler pertama di Indonesia, hasil patungan modal dua BUMN Telekomunikasi, Indosat dan Telkom.

    Kedua BUMN ini melebarkan sayap dengan menghadirkan Telkomsel untuk menawarkan layanan GSM atau Global System for Mobile Communication pada tahun 1995.

    Kelahiran perusahaan ini tidak bisa dilepaskan dari kota Batam dan sebuah menara pemancar sinyal dengan kode nama BTM001. Sebelumnya, sejumlah petinggi Telkom menemui Menristek BJ Habibie, untuk menawarkan sebuah layanan telekomunikasi terbaru berbasis GSM.

    Disambut baik, pada tanggal 2 September 1994, Menristek BJ Habibie meresmikan pengoperasian Telkomsel GSM di Pulau Batam.

    Ia melakukan panggilan telepon GSM Telkomsel dari Batam ke Jakarta dan London, Inggris. Saat itu ia didampingi oleh Direktur Utama Telkom, Setyanto, dan Kepala Proyek Sistem Telekomunikasi Kendaraan Bergerak Telkom, Garuda Sugardo.

    Baca juga: Cara Telkomsel Merayakan Ultah di Tengah Pandemi


    Setelah ujicoba tersebut, menjadi cikal-bakal lahirnya PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) pada 26 Mei 1995.

    Di tanggal yang sama Telkomsel menjadi operator telekomunikasi seluler GSM di Indonesia dengan layanan pascabayar kartuHALO.

    Pada tanggal 1 November 1997, Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Asia yang menawarkan layanan GSM prabayar.

    Kini, Di usia 25 tahun ini, Telkomsel datang sebagai perusahaan leading digital telco company.

    “Selama 25 tahun, Telkomsel selalu hadir membantu masyarakat untuk mengubah tantangan menjadi peluang, serta beradaptasi dengan berbagai cara baru dalam menjalani setiap fase perkembangan kehidupan,” kata Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro.

    Telkomsel hingga saat ini telah hadir melayani lebih dari 170 juta pelanggan dengan infrastruktur jaringan lebih dari 209.000 BTS yang menjangkau lebih dari 95 persen wilayah populasi Indonesia, hingga ke wilayah terdalam, pulau terdepan, dan wilayah perbatasan negara.

    Baca juga: Laba TelkomGroup Selama Tahun 2019


    Sejak berdiri, Telkomsel konsisten menjadi yang pertama dalam mengimplementasikan teknologi telekomunikasi terdepan, mulai dari menjadi pelopor dalam penerapan teknologi GSM berbasis 2G sebagai dasar awal pengembangan industri telekomunikasi di Indonesia.

    Hingga pemanfaatan teknologi mobile broadband mulai dari 3G dan 4G LTE sebagai pengembangan lebih lanjut akses telekomunikasi pendukung gaya hidup digital, hingga uji coba teknologi 5G pertama di Indonesia yang nantinya akan diterapkan sebagai modal utama dalam membangun Indonesia menjadi bangsa digital secara lebih meluas hingga sektor industri.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini