icon-category Health

Perokok Berat Berisiko Terkena Gangguan Penglihatan

  • 24 Feb 2019 WIB
Bagikan :

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Merokok memicu banyak masalah kesehatan. Penelitian terbaru bahkan menemukan bahwa merokok dapat merusak penglihatan.

Mengutip WebMD, studi yang telah dipublikasikan di jurnal Psychiatry Research mengamati 71 orang sehat yang merokok kurang dari 15 batang, dan 63 orang yang merokok lebih dari 20 batang sehari.

Baca juga: Tidur dengan Rambut Basah Bikin Rambut Cepat Rusak?

Responden yang terlibat dalam penelitian itu berusia 25-45 tahun, dan memiliki penglihatan normal.

Hasilnya, para perokok berat menunjukkan perubahan signifikan dalam melihat warna merah-hijau dan biru-kuning. Mereka juga kesulitan membedakan warna, dibandingkan yang bukan perokok.

"Hasil kami menunjukkan bahwa penggunaan rokok yang berlebihan, memengaruhi penglihatan mereka," kata Steven Silverstein, rekan penulis studi dan direktur penelitian di Rutgers University Behavioral Health Care.

Baca juga: Gak Cuma Coklat, Makanan Penghilang Bete

"Asap rokok terdiri dari banyak senyawa yang berbahaya bagi kesehatan, dan telah dikaitkan dengan pengurangan ketebalan lapisan di otak, yang melibatkan area otak yang berkaitan dengan proses penglihatan," tambahnya.

Steven mengatakan bahwa dalam penelitian yang lain ditemukan nikotin pada rokok dapat merusak sistem peredaran darah, dan neuron di retina.

Baca juga: 5 Lokasi Syuting Film Box Office yang layak Dikunjungi

Dalam kesempatan berbeda, dr. Ade Meidian Ambari, SpJP, FIHA-Anggota Departemen Keorganisasian PERKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia) mengatakan bahwa terdapat 7.000 senyawa kimia di dalam rokok.

Kepada Uzone, Ade menjelaskan bahwa dari total tersebut, terdapat 699 senyawa kimia yang beracun dan 69 zat karsinogenik (zat yang memicu kanker). 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini