icon-category Auto

Persiapan Teknis Mobil Sebelum Dipakai Liburan Nataru

  • 21 Dec 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Mulai weekend ini, warga sudah bisa menikmati libur Natal dan Tahun Baru. Sebelum berangkat liburan menggunakan mobil pribadi, ada baiknya mempersiapkan sejumlah hal teknis di mobil agar aman dan nyaman selama perjalanan.

Tidak ribet kok, apalagi kalau hanya sebatas melakukan pengecekan. Hanya saja, yang juga harus dipertimbangkan selain piranti standar mobil, adalah pertimbangan kondisi saat ini yang sudah musim hujan.

Oli, Minyak Rem, Air Radiator

Pengecekan oli terbilang penting, baik kualitas sampai volumenya. Gunakan dipstick yang ada di mesin mobil untuk mengetahui kualitas dan volume oli. Pastikan semuanya sesuai standar.

Kemudian, cek juga volume minyak rem pada mobil, yang bisa dilihat di botol penampungan di kap mesin. Ini untuk menjaga keselamatan dan memastikan rem bekerja dengan sempurna saat digunakan.

Terakhir air radiator. Fungsinya sangat vital, apalagi ketika mobil akan dipakai perjalanan jauh dan bermacet-macetan. Pastikan volumenya sesuai dan tidak ada kebocoran sedikit pun agar suhu mesin terjaga optimal.

Wiper dan Defoger

Karena sekarang musim hujan, maka piranti penting yang harus di cek adalah wiper. Pastikan karet penyapunya masih bekerja dengan baik, dan optimal menyapu air yang menggenangi kaca. Kalau perlu, ganti terlebih dahulu dengan yang baru agar saat hujan, visibilitas jadi optimal.

Kemudian defoger. Fitur yang kerap terabaikan. Defoger biasanya terdapat di kaca belakang, berupa garis-garis horizontal di kaca belakang. Gunanya untuk memanaskan kaca agar saat hujan tidak terjadi embun yang menghalangi pandangan ke belakang.

Lampu-lampu

Lampu juga penting saat mobil ingin dipakai perjalanan jauh, apalagi saat malam hari atau saat hujan lebat. pastikan lampu bekerja optimal, mika lampu tidak retak, buram apalagi sampai pecah, agar tidak ada air yang masuk dan membuat pencahayaan jadi kurang maksimal.

Ban

Cek kondisi ban, apakah masih layak digunakan atau tidak. Periksa kondisi kembangannya, ganti terlebih dahulu daripada beresiko pecah di jalan karena sudah botak. Juga pastikan tekanan anginnya sesuai.

Ban yang prima memastikan perjalanan tidak terganggu, apalagi saat kondisi hujan dan jalan licin, memerlukan ban dengan grip yang maksimal.

AC

Meskipun sekarang sudah musim hujan, tapi panas masih sangat terik menyengat. Karenanya, pastikan kondisi AC di kabin mobil prima. Juga jangan lupa mengganti filter AC kalau diperlukan, agar kualitas udara di kabin lebih bersih.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini