home ×
Technology

Pertama Kalinya, Peneliti Tangkap Gambar Lubang Hitam!

11 April 2019 By
Pertama Kalinya, Peneliti Tangkap Gambar Lubang Hitam!
Share
Share
Share
Share

(Foto: Event Horizon Telescope Collaboration)

Uzone.id -- Untuk pertama kalinya, umat manusia akhirnya bisa menyaksikan foto nyata dari lubang hitam supermasif (supermasive black hole). Hasil jepretan foto ini pun dianggap sebagai sebuah pencapaian baru, khususnya di dunia keantariksaan.

Hasil proyek yang diberi nama Event Horizon Telescope (EHT) ini adalah hasil dari kolaborasi internasional yang terdiri dari 200 orang seperti peneliti dan tentunya ahli astronom.

Mengutip The Verge, ada delapan teleskop yang ditempatkan di lima benua dan super komputer. Hasil foto ini dipamerkan di Brussel, Santiago, Shanghai, Taipei, dan Tokyo.

Seperti yang sudah ramai dibicarakan di ranah maya, foto lubang hitam ini memperlihatkan warna jingga dan kuning di bagian lingkaran. Sedangkan di inti lingkarannya, hanya ada warna hitam kelam.

Lubang hitam yang berhasil difoto itu dipercaya berada di tengah galaksi raksasa bernama Messier 87 (M87) yang letaknya sekitar 55 tahun cahaya dari Bumi.

Hasil foto fenomenal ini akan menjadi bahan materi pengajaran, serta membantu membuktikan teori Albert Einstein mengenai relativitas.

“Lubang hitam adalah objek paling misterius di alam semesta,” ucap direktur proyek EHT, Sheperd Doeleman.

Diketahui kerjasama proyek EHT ini telah dibina sejak 2012. Tentu bukan waktu yang sebentar untuk bisa menghasilkan foto seperti ini terhadap objek yang jaraknya jauh dari Bumi.

“Kami sudah terlibat di proyek ini dalam waktu yang sangat lama. Saat kalian bekerja di bidang ini dalam waktu lama, kalian mendapatkan banyak hasil dengan sangat cepat. Kami bisa saja melihat gumpalan, dan kami pun telah menyaksikan gumpalan misterius di luar sana. Kami juga sangat mungkin melihat sesuatu yang mengejutkan. Tapi kali ini, kami tidak melihat sesuatu yang mengejutkan, melainkan hal yang begitu nyata. Kami melihat objek yang memiliki lingkaran,” tutur Doeleman.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

354 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 10 October 2019 | 19:39:35

seperti gambar black hold nih jadi ngeri sekali dah

Mas ruri 07 October 2019 | 18:18:59

ini bakal jadi sejarah besar kemudian hari

Alam Nurdin 28 September 2019 | 12:37:31

sangat langka peristiwa ini belum tentu bisa lagi

Panda Pan 20 August 2019 | 23:52:08

ternyata bentukan lubang hitam itu seperti itu ya

Odet 33 20 August 2019 | 11:26:40

mungkin ini keajaiban yang akan dilihat umat manusia

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article