icon-category Digilife

Pertama Kalinya, YouTube Tayangkan Film Gratis dari Festival Internasional!

  • 29 Apr 2020 WIB
  • Bagikan :

    (Ilustrasi foto: Unsplash)

    Uzone.id -- Entah bisa dibilang hikmah atau bukan, pandemi corona akhirnya mendorong YouTube bekerja sama dengan 20 penyelenggara festival film bergengsi untuk menayangkan film-film di platformnya secara gratis.

    YouTube mengumumkan hal ini pada Senin (27/4) dan kerja sama ini diberi nama We Are One. Bentuk kerja sama ini adalah penayangan film-film festival selama 10 hari secara gratis yang dimulai dari 29 Mei sampai 7 Juni di YouTube. Kerja sama ini tentu digelar untuk pertama kalinya di dunia.

    Mengutip berbagai sumber, ada sekitar 20 festival film prestisius yang akan menyajikan konten film mereka di YouTube, di antaranya Berlin International Film Festival, Cannes Film Festival, Sundance Film Festival, Toronto International Film Festival, Tokyo International Film Festival, Tribeca Film Festival, Jerusalem Film Festival, dan Venice Film Festival.

    Baca juga: YouTube Bikin Pesain TikTok, Namanya Shorts

    Dengan kata lain, di tahun 2020 ini YouTube berkomitmen untuk menyajikan festival film secara digital karena dunia sedang tidak memungkinkan untuk menggelar acara besar yang dihadiri oleh ratusan orang.

    Festival film digital ini akan terdiri dari film panjang, film pendek, dokumenter, komedi, hingga musikal. Sementara untuk jadwal acara dan penayangan lengkapnya, YouTube akan mengunggahnya di laman resminya dalam waktu dekat.

    “Salah satu hal unik dan inspirasional dari berdiam di rumah adalah kemampuan untuk berkumpul bersama dan menghadiri acara secara digital sebagai suatu kesatuan, dan program We Are One: A Global Film Festival siap melakukan itu,” tutur Chief Business Officer YouTube, Robert Kyncl, seperti dikutip dari Cnet.

    Baca juga: YouTube Video Builder Diklaim Memudahkan Bikin Iklan Buat UMKM

    Tak cuma itu, dana yang terkumpul dari festival film ini akan diberikan kepada WHO COVID-19 Solidarity Response Fund.

    “Kami sering berbicara tentang peran kuat dari sebuah film yang dapat menginspirasi dan menyatukan orang-orang yang menembus batasan dan perbedaan untuk memperbaiki dunia. Seluruh dunia saat ini sedang saling menyembuhkan,” tutur Jane Rosenthal selaku co-founder dan CEO Tribeca Enterprise dan Tribeca Film Festival.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini