icon-category Auto

Pertamina Akan Rilis Pertamax Green, Pemerintah Tetapkan Spesifikasinya

Bagikan :

Uzone.id - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), resmi memberlakukan ketentuan standar spesifikasi dari BBM RON 95 dengan campuran Bioetanol 5 persen (E5) yang akan diluncurkan oleh PT Pertamina (Persero), yakni Pertamax Green 95.

Ketentuan ini ditetapkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Nomor 252.K/HK.02/DJM/2023 tentang Standar dan Mutu Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin RON 95 dengan Campuran Bioetanol 5 persen (E5) yang dipasarkan di dalam negeri.

Menurut Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi, kebijakan ini dibuat untuk menetapkan dan memberlakukan ketentuan spesifikasi BBM beroktan 95 (E0) dan 5 persen bahan bakar nabati jenis bioetanol (E100).

"Spesifikasinya ditetapkan sesuai dengan yang tercantum pada lampiran Kepdirjen tersebut. Salah satunya diatur angka oktan (RON) minimal 95," jelas Agung, dalam keterangan pers.

Sesuai yang sudah ditetapkan pada keputusan tersebut, maka spesifikasi dari BBM jenis bensin murni (E0) dengan angka oktan (RON) 95 mengacu pada Lampiran II Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Nomor 110.K/MG.01/DJM/2022 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin (Gasoline) RON 91 dan RON 95 yang Dipasarkan di Dalam Negeri.

Sedangkan untuk spesifikasi dari BBM jenis Bioetanol (E100), mengacu pada Keputusan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Nomor 95.K/EK.05/DJE/2023 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Nabati Jenis Bioetanol Sebagai Bahan Bakar Lain yang Dipasarkan di Dalam Negeri.

BBM Bioetanol meluncur akhir bulan ini

Bersamaan dengan pemberlakuan kepdirjen terkait BBM RON 95 dengan campuran Bioetanol, Pertamina dipastikan akan meluncurkan Pertamax Green, produk BBM yang berasal dari molases tebu singkong itu pada akhir Juli mendatang. 

Dengan hadirnya produk yang baru, Pertamina pun kembali memiliki lineup BBM bensin dengan RON 95, setelah sebelumnya Pertamax Plus dihapus.

Diberitakan sebelumnya, Pertamax Green 95 akan mulai dipasarkan di Surabaya, baru kemudian Jakarta dan beberapa daerah lainnya akan menyusul. Soal harga jual, sempat disebut kalau kisaran harga Pertamax Green 95 akan mengikuti harga kisaran BBM dengan RON 95 di pasaran.

Dikelas yang sama, SPBU Shell menjual Shell V-Power dengan RON 95 seharga Rp 13.400 per liter. SPBU BP juga menjual BP Ultimate dengan harga Rp 13.400 per liter. BP Ultimate memiliki RON 95.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini