home ×
Auto

Pertamina Gandeng Telkom, Beli BBM Cashless Mulai Tahun Ini

06 January 2020 By
Pertamina Gandeng Telkom, Beli BBM Cashless Mulai Tahun Ini
Share
Share
Share

Uzone.id - Digitalisasi pembayaran bakal diterapkan di SPBU-SPBU Pertamina, yang menggandeng Telkom untuk menghilangkan transaksi uang tunai mulai tahun 2020 ini.

Sebelumnya, proses digitalisasi ini ditargetkan selesai pada Juni 2020, tapi ternyata diperkirakan akhir kuartal pertama tahun ini sudah selesai dan siap dioperasikan.

Sampai dengan 27 Desember 2019 program digitalisasi itu sudah direalisasikan di 2.740 SPBU. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.552 SPBU telah tersedia perangkat electronic data capture (EDC).

VIDEO Tes Suspensi Xpander Cross di Jalan Tol Japek II

Artinya, semua pembelian bahan bakar (BBM) di SPBU mulai kuartal pertama tahun depan sudah tidak menggunakan uang tunai.

"Program digitalisasi ini akan kita selesaikan pada triwulan satu 2020. Seluruh transaksi di SPBU, kita dorong secara cashless non tunai,” kata Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati.

Baca juga: Xpander Cross Libas BR-V

Jadi nanti pada setiap SPBU akan disediakan automatic engage, perangkat yang berfungsi untuk merekam transaksi secara otomatis saat melakukan pemesanan pembelian BBM.

Sistem digital ini juga sebagai sarana pengawasan penyediaan dan pendistribusian Jenis BBM Tertentu (JBT)/BBM bersubsidi seperti minyak solar dan jenis BBM khusus penugasan (JBKP) jenis premium agar tepat sasaran dan volume.

Caranya, dilakukan digitalisasi nozzle di 5.518 unit SPBU yang ada di Tanah Air. Pertamina juga bisa mengimplementasikan sistem identifikasi konsumen dan volume pembelian pada digitalisasi nozzle SPBU dengan nomor polisi.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Mosok Mosok 01 February 2020 | 22:52:38

.Sampai dengan 27 Desember 2019 program digitalisasi itu sudah direalisasikan di 2.740 SPBU. Dari jumlah tersebut

Miskin aman 20 January 2020 | 15:18:13

pertamina berkolaborasi dengan telkom yah

ALI YUSUF 15 January 2020 | 19:51:06

wow pertamina gandeng telkom beli bbm cashless

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id