icon-category Telco

Pertumbuhan Ekonomi Digital Dorong Transformasi Digital Indonesia

  • 19 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Ekonomi digital telah tumbuh pada skala global sebesar 15% pada tahun 2021. Hal inilah yang mendorong banyak negara untuk mulai berbenah, termasuk Indonesia.

    Dengan pengguna internet lebih dari 200 juta orang, Indonesia saat ini menjadi salah satu negara dengan potensi pertumbuhan ekonomi digital yang cukup besar. Ditambah lagi saat ini mulai banyak bisnis konvensional yang mulai beralih ke ranah teknologi.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto menjelaskan, transformasi digital merupakan salah satu prioritas utama di samping kesehatan global dan transisi energi yang telah dibahas pada forum terbuka di G20 beberapa waktu lalu.

    Baca juga: Huawei Siap Bantu Indonesia Bikin Smart City di Ibu Kota Baru

    “Melalui Kepresidenan G20, Indonesia telah menempatkan transformasi digital sebagai prioritas utama di tahun 2022. Indonesia bertujuan untuk menciptakan pemulihan ekonomi global yang lebih inklusif, terutama melalui digitalisasi UKM,” katanya, dalam sambutannya di Huawei Connect 2022 yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand.

    Huawei Connect 2022 sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Huawei untuk mempertemukan seluruh pelaku industri teknologi di dunia, termasuk di dalamnya praktisi, pemerintah, hingga pelaku usaha. Tahun ini, acara yang juga dihadiri secara langsung oleh Uzone.id, dihadiri oleh 10.000 peserta dari berbagai negara.

    Baca juga: Huawei Dorong Ekosistem Ekonomi Syariah Indonesia Lewat Teknologi

    Pada perhelatan itu, Huawei juga menyampaikan beberapa langkah strategis yang bisa mendorong perkembangan digital di berbagai industri. “Menjadi digital jelas merupakan pilihan yang tepat. Dunia makin mengoptimalkan produktivitas digital, dan inilah yang benar-benar terjadi sekarang." kata Ken Hu, Rotating Chairman Huawei.

    Menurut Hu, paling tidak ada tiga inisiatif besar yang bisa membantu semua industri agar bisa cepat dan mudah bertransformasi di era digital, antara lain:

    • Meningkatkan infrastruktur digital, termasuk meningkatkan konektivitas dan sumber daya komputasi yang lebih kuat dan makin beragam.
    • Bantu organisasi untuk lebih dari sekadar mengadopsi cloud sederhana, benar-benar memanfaatkan cloud, dan fokus pada layanan teknologi canggih yang mampu mendorong terjadinya lompatan-lompatan besar pada pengembangannya.
    • Membangun ekosistem digital lokal, termasuk pengembangan mitra, memperkuat kumpulan talenta digital, dan memberikan lebih banyak dukungan untuk UKM.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini