icon-category Digilife

Perusahaan Manufaktur Foxconn Siap Beli 5 Juta Vaksin Covid

  • 21 Jun 2021 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Pemerintah Taiwan telah merekrut raksasa teknologi dan semikonduktor Foxconn dan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) untuk membeli vaksin COVID-19 atas nama kedua perusahaan tersebut.

    Seperti dilansir Nikkei Asia dan dikutip Uzone.id, Senin (21/6), pemerintah Taiwan mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka akan mengizinkan kedua perusahaan untuk bernegosiasi atas namanya dengan pembuat vaksin yang berbasis di Jerman, BioNTech.

    Baca juga: Ramalan Foxconn Soal Chip Langka


    Sementara negosiasi sedang berlangsung, kedua perusahaan mengatakan mereka ingin membeli masing-masing 5 juta dosis, sebelum menyumbangkannya kepada pemerintah.

    "Pemerintah berpikir bahwa mungkin lebih mudah bagi perusahaan untuk menjangkau pembuat atau distributor vaksin untuk mengurangi campur tangan geopolitik," kata salah satu sumber itu.

    Taiwan telah berjuang untuk mengamankan vaksin karena ketegangan geopolitik. Presiden Tsai Ing-wen sebelumnya menuduh China ikut campur dalam upaya pemerintahnya untuk membeli vaksin dari BioNTech, sesuatu yang dibantah keras oleh Beijing.  

    Langkah untuk membantu pemerintah ini tentu sangat baik bagi kedua perusahaan. Sebab, baik TSMC dan Foxconn telah sangat terpengaruh oleh pandemi.

    Pada bulan April, TSMC mengatakan pihaknya memperkirakan kekurangan pasokan chip akan berlanjut hingga 2022, tetapi berencana untuk menghabiskan USD100 miliar selama tiga tahun untuk meningkatkan kapasitas .


    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini