icon-category Digilife

Pesan Kemerdekaan Wamenhan: Jangan Kalah dengan Milenial Luar Negeri

  • 17 Aug 2020 WIB
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) hari ini, 17 Agustus 2020, Uzone.id mendapatkan kesempatan untuk melakukan wawancara khusus dengan Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono. Dalam kesempatan itu, beliau menyampaikan pesannya kepada para milenial di Indonesia untuk bangga dengan Indonesia.

    Dikatakan Sakti Wahyu Trenggono, Indonesia akan memasuki era bonus demografi mulai 2025-2030 yang ditandai dengan dominannya penduduk usia produktif. Generasi milenial akan mengisi bonus demografi tersebut sehingga perlu disiapkan untuk menggerakkan perekonomian bangsa di masa depan.
     
    "Kepada para milenial, selalu belajar dan berkompetisi. Jangan kalah dengan milenial di luar negeri. Bikin inovasi dan lain sebagainya yang bisa membawa harum nama bangsa dan bermanfat bagi masyarakat. Kita yang sudah senior selalu akan memberi ruang dan fasilitas untuk generasi berikutnya berkompetisi," kata Wamenhan.

    Dikatakannya, Indonesia saat ini adalah negara yang tengah berkompetisi. Indonesia harus siap menghadapi persiapan dunia.  
     
    "Kita negara yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang kuat, laut bagus, alam bagus, dan lainnya. Jadi, generasi berikutnya ini harus kita pacu, kita picu supaya mereka punya jiwa atau rasa nasionalisme yang tumbuh. Mereka lahir dan besar dimanapun akan kembali ke tanah air atau negara ini. Mereka harus tunjukkan kecintaannya kepada bangsa ini melalui satu kreativitas dan inovasi, serta cinta produk lokal," katanya.

    Dijelaskannya, Kementrian Pertahanan (Kemhan) melalui Program Bela Negara akan terus menyadarkan masyarakat terutama para milenial untuk bangga sebagai orang Indonesia.
     
    "Rasa bahwa saya adalah orang Indonesia, terlahir di Indoensia, memiliki kultur Indonesia, adat istiadat Indonesia. Kami ingin melalui Program Bela Negara, milenial bangga terlahir di Indonesia, menjadi bagian dari warga dunia. Ini filosofi dari Program Bela Negara itu. Kita jangan kalah dengan Korea Selatan yang mampu mengguncang dunia melalui budaya K-Pop, jika dilihat dari sudut pertahanan, itu cara mereka melalui industri kreatifnya mempengaruhi dunia. Indonesia harusnya bisa seperti itu karena kita punya seni dan budaya yang banyak," tuturnya.

    Lalu apa yang bisa dilakukan milenial untuk membela negara? Tonton keseruan wawancara kami dengan Wamenhan sore nanti di channel Youtube dan Facebook Uzone.id.

    117880308_2835432226560831_1688576421307423720_o

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini