icon-category Auto

Pesawat Buatan Suyanto Pakai Mesin Honda Jazz, Pernah Jual ke Eropa

  • 18 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Pesawat buatan Heri Suyanto (Foto: YouTube urang ciamis)

    Uzone.id - Heri Suyanto (42), warga Desa Cintajaya, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mendadak viral setelah dirinya berhasil merakit pesawat terbang buatan sendiri, alih-alih tempat tinggalnya berada di pelosok.

    Suyanto, yang aslinya asal Lamongan, Jawa Timur, bisa merakit pesawat terbang berkat pengalamannya bekerja di perusahaan penerbangan Zenith di Amerika Serikat.

    Kemampuan Suyanto itu pun menarik perhatian Kapuspotdirgaau Marsma TNI Fajar Adriyanto yang langsung melihat workshop Suyanto di Desa Lakbok, pada Jum’at (05/02/2021). Turut hadir Danlanud Wiriadinata Letkol Nav Djoko Purnomo. 

    BACA JUGA: Pesawat Buatan Suyanto Pakai Mesin Honda Jazz, Pernah Jual ke Eropa

    Fajar Adriyanto mengatakan bahwa sudah seharusnya warga desa berterima kasih dan bangga karena ada salah seorang warganya yang bisa membuat pesawat terbang secara mandiri.

    "Membuat sebuah pesawat terbang tidak mudah karena perlu pengetahuan dasar tentang ilmu aerodinamika yang tidak mudah untuk dipelajari," kata Fajar, seperti dilansir Uzone.id dari tni-au-mil.id, Sabtu (18/12).

    Mesin untuk pesawat terbang jenis Short Take-Off and Landing (STOL) bikinan Suyanto, mengandalkan mesin mobil bekas Honda Jazz dengan tenaga 130 hp.

    Menurut situs TNI AU ini, pesawat buatan Suyanto nampak kokoh untuk diterbangkan. Selain itu, ada keterangan beberapa part yang diimpor dari luar negeri guna melengkapi pesawat terbang yang dibuat Suyanto.

    BACA JUGA: Daihatsu Xenia Catatkan Kenaikan Penjualan 2 Kali Lipat

    TNI AU juga memberikan apresiasi besar kepada Suyanto karena bisa membuat dua buah pesawat terbang yang dirakit sebelumnya dan sudah terjual ke negara Ceko dengan bantuan relasi seorang temannya.

    Disebutkan juga bahwa Puspotdirga siap membantu Suyanto untuk memfasilitasi agar pesawat terbang buatannya bisa mendapat sertifikasi laik terbang dari TNI Angkatan Udara dan pihak terkait lainnya.

    Sebelumnya Kapuspotdirga menyaksikan dan memberi support langsung kepada para pramuka saka dirgantara dan atlet terbang layang binaan dari Binpotdirga Lanud Wiriadinata yang sedang melaksanakan latihan rutin di area Base Ops Lanud Wiriadinata.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini