icon-category Auto

Peugeot Ikut Terabasan, Rilis Skuter Adventure XP400

  • 21 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    Peugeot XP400 (Foto: Peugeot)

    Uzone.id - Siap-siap saja Honda ADV 350 mendapat pesaing dari Peugeot Motorcycle yang akan mengeluarkan skuter XP400 dengan kubikasi mesin 400 cc di tahun 2023.

    Peugeot XP400 sendiri terinspirasi oleh Honda X-ADV, seperti di bagian lampu depan ganda, kaca depan ukuran besar, pelindung jari tangan, jok step up (dibuat terpisah antara pengendara dan penumpang), knalpot upswept (mendongak ke atas) dan lampu belakang yang tajam.

    Namanya juga motor adenture, tentu saja skutik ini akan memberikan kenyamanan kelas atas. Selain itu, kelincahan dan kecepatan juga sangat diperhitungkan oleh Peugeot.

    BACA JUGA: Kontroversi Jalur Sepeda di DKI, Ditabrak Fortuner hingga Jualan Tahu Bulat

    Pabrikan asal Prancis ini akan menjual dua varian XP400, yakni GT dan Allure. Untuk Allure ada pilihan warna Aurora Satin Green dan Sideral Matt Black, sedangkan GT terdapat warna Shark Grey dan Snow White, seperti dilansir Rushlane.

    Fitur umum yang dibawa XP400 terdapat layar TFT 5 inci yang dilengkapi navigasi jalan.

    Skuter ini juga membawa smartkey, port USB untuk pengisian daya baterai ponsel, ruang penyimpanan di bawah kursi yang cukup besar, dan jok dibuat panjan dan lebar sehingga bikin nyaman pengendara dan pembonceng.

    BACA JUGA: Segini Total Duit yang Diterima Pecco Sang Juara Dunia MotoGP 2022

    Mesin Peugeot XP400

    Peugeot XP400 diberikan mesin 400 cc yang menghasilkan tenaga 36 hp dan torsi 38 Nm.

    Kemudian, suspensi depan sudah Up Side Down (USD) dan suspensi belakang pakai monoshock yang dipasang horizontal.

    Sekarang kita bahas kaki-kakinya. Bagian velg depan pakai ukuran 17 inci yang dipasangkan dengan ban 110/70, sedangkan velg belakang ukuran 15 inci yang dipasangkan ban 160/60.

    Sistem pengereman terdapat cakram ganda ukuran 295mm di bagian depan dan cakram belakang ukuran 240 mm. Disematkan juga sistem keselamtan ABS dual channel.

    Di pasar Eropa sendiri, Peugeot Motorcycles memiliki portofolio skuter segmen 50 cc dan 125cc+. Selain itu, Peugeot juga sudah punya skuter listrik e-Ludix.

    BACA JUGA: Kontroversi Jalur Sepeda di DKI, Ditabrak Fortuner hingga Jualan Tahu Bulat

    Skuter petualangan XP400 pertama kali diungkap di EICMA 2022. Rencananya, XP400 mulai dijual di pasar Eropa tahun 2023.

    Peugeot Motorcycle Hengkang dari Indonesia

    Peugeot sempat meramaikan pasar Indonesia dengan produk andalan mereka, yakni Django 150, Speedfight, dan skutik roda tiga Metropolis. 

    Merek asal Prancis ini sempat menjalin kerja sama dengan Garansindo Inter Global pada 2015, selanjutnya digantikan oleh Stokeswood Group pada 2017.

    Sayangnya, penjualan motor Peugeot di Indonesia masih kalah bersaing dengan merek Jepang dengan dikuasai oleh Honda dan Yamaha.

    Sehingga, pada Juni 2021, Peugeot memutuskan hengkang dari Indonesia dan belum ada informasi resmi kapan mereka akan kembali ke sini.

    Untuk aftersales dan garansi motor Peugeot berikutnya diserahkan kepada PT GForce Republic yang berada di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

    VIDEO First Drive Tooyota Kijang Innova Zenix:

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini