icon-category Digilife

PHK Belum Berakhir di Google, Bakal Terus Berlanjut Sepanjang 2024

  • 19 Jan 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Karyawan Google harus siap-siap overthinking sepanjang tahun ini, pasalnya ancaman PHK massal masih terus menghantui hingga akhir tahun nanti.

Di awal 2024 ini, Google sudah tiga kali melakukan PHK di beberapa divisi dan berdampak ke ratusan bahkan ribuan karyawan di seluruh dunia. 

Setelah pengumuman PHK di divisi YouTube, CEO Google Sundar Pichai mengumumkan kalau pemangkasan karyawan kemungkinan akan terus berlanjut di 2024.

Dalam memo yang dibagikan ke para karyawan, Pichai mengatakan kalau Google memiliki tujuan ambisius dan akan berinvestasi dalam prioritas besar tahun ini. Tapi, untuk mencapai tujuan ini, Google harus membuat keputusan yang sulit, salah satunya adalah potensi PHK yang akan terus berlangsung.

“Banyak dari perubahan ini telah diumumkan, beberapa tim akan terus membuat keputusan terkait alokasi sumber daya sepanjang tahun ini, dan beberapa peran mungkin akan terkena dampaknya,” ujar Pichai dikutip dari Neowin.net.

Sebelumnya, Google telah melakukan pemangkasan karyawan hingga 12 ribu orang sepanjang tahun 2023. Jumlah ini setara dengan 6 persen karyawan dari keseluruhan karyawan Google di dunia.

Walaupun tahun ini PHK akan terus berlangsung, Pichai mengatakan kalau PHK di tahun ini tidak akan separah tahun kemarin.

“Penghapusan peran ini tidak sebesar pengurangan tahun lalu dan tidak semua tim akan mendapatkan dampaknya. Namun, saya tahu sangat sulit melihat kolega dan tim yang terkena dampaknya,” tambah Pichai.

Pernyataan ini tentu menghantui karyawan Google saat ini. Walaupun Google menawarkan opsi lamaran ke posisi lain, namun cara ini tidak menjamin Google akan menerima mereka kembali.

Belum satu bulan berlalu di 2024, Google sudah melakukan PHK terhadap lebih dari 1.000 karyawannya. Hal ini dimulai dengan beberapa ratus PHK di divisi Perangkat dan Layanan seperti Pixel, FitBit, Nest lalu lanjut ke divisi Assistant dan teknisi inti, lalu terbaru dari tim YouTube.

Google bukan satu-satunya yang sedang mengubah perusahaan di awal tahun ini, Discord, Lazada, Twitch hingga perusahaan gaming Engine Unity juga jadi perusahaan teknologi global yang melakukan pemangkasan karyawan sebagai salah satu strategi di awal tahun.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini