icon-category Auto

Vespa Made In Cikarang Bakal Murah, Yakin?

  • 24 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    Peresmian pabrik Piaggio Group di Cikarang, pada Rabu (23/11/2022). (Foto: Piaggio Group)

    Uzone.id - Piaggio Group yang menaungi merek Vespa, Piaggio, Aprilia dan Moto Guzzi telah meresmikan pabrik barunya di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Rabu (23/11/2023). Ini merupakan pabrik ketiga Piaggo Group setelah Vietnam dan China.

    Tentu saja ini kabar baik bagi penggemar Vespa, Aprilia dan Moto Guzzi dengan harapan produk-produk tersebut nantinya dijual dengan harga lebih terjangkau.

    Namun, yang jadi pertanyaan, jika pabrik Piaggio Group ini cuma menjadi tempat perakitan saja, tanpa membangun fasilitas manufakturnya, tentu saja konsumen jangan berharap harga Vespa menjadi jauh lebih murah.

    BACA JUGA: Bau Orang Kaya Menyebar dari Vespa GTV 300 HPE

    Pabrik Piaggio Group di Cikarang merakit Vespa yang dijual di Indonesia (Foto: Piaggio Group)

    Terkecuali jika Piaggio Group secara perlahan membangun juga fasilitas manufaktur dalam pembuatan mesin hingga membangun jaringan dengan industri komponen lokal demi menyerap TKDN atau Tingkat Komponen Dalam Negeri sebanyak mungkin.

    Piaggio Group membangun pabrik di Cikarang tentunya akan mendapat keistimewaan dalam pengurangan pajak oleh pemerintah Indonesia.

    Namun, uang yang diperoleh dari pengurangan pajak tentunya akan disalurkan kepada tenaga kerja kita. Manurut kami, Piaggio Group memiliki tujuan yang mulia di tengah banyaknya PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja di Indonesia, pabrik mereka malah menyerap tenaga kerja.

    Daripada sebagian besar Vespa diimpor terus dari Vietnam, tentu saja lebih baik uang dari keringanan pajak diberikan kepada tenaga kerja lokal.  

    Pabrik Piaggio Group di Cikarang merakit Vespa yang dijual di Indonesia (Foto: Piaggio Group)

    Jadi, ngarep Vespa LX 125 dan S 125 harganya di bawah Rp35 juta? Untuk sementara ini sih, mungkin cuma jadi mimpi saja ya!

    Nah, Piaggio Group sendiri telah mewujudkan visi langkah strategis industrialnya, yang sempat diumumkan pada tahun 2021.

    BACA JUGA: Peugeot Bikin Motor Sport Naked, Saingan MT-300 dan CB300R

    Ini jadi bagian komitmen Piaggio Group di Indonesia, setelah eksistensinya yang luar biasa selama lebih dari 10 tahun.

    Dalam seremoni peresmian pabrik Piaggio Group di Cikarang turut dihadiri orang-orang penting, yakni Chief Executive of Product and Global Strategy of Piaggio Group, Michele Colaninno, bersama dengan perwakilan Piaggio Group, Piaggio Asia Pasifik, dan Piaggio Indonesia, menyambut hangat kehadiran Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, dan juga Duta Besar Italia untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste, H.E. Benedetto Latteri.

    “Pembukaan ini merupakan sebuah pernyataan dan acara penting bagi Grup. Hal ini menjadi salah satu tonggak pencapaian dalam melanjutkan visi Piaggio Group dalam memprioritaskan komitmen yang berpusat pada pelanggan di seluruh dunia dan juga di Asia," tutur Chief Executive of Product and Global Strategy Piaggio Group, Michele Colaninno, dalam pernyataan yang disampaikan kepada Uzone.id.

    Pabrik Piaggio Group mengambil lokasi di Kawasan Industri Jababeka, sebuah kawasan eko-industri modern di Tanah Air, yang berdiri di atas lahan seluas kisaran 6 hektar.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini