icon-category Health

Pil KB Bikin Rahim Kering dan Susah Hamil, Mitos atau Fakta?

  • 26 Sep 2018 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Ada begitu banyak pilihan alat kontrasepsi, salah satunya adalah pil KB alias pil Keluarga Berencana. Pil KB dapat membantu mengendalikan dan mencegah kehamilan pada perempuan yang sudah menikah.

    Namun beragam mitos tentang pil KB masih berkembang di tengah masyarakat. Ada anggapan bahwa mengonsumsi pil KB bisa membuat rahim kering dan susah hamil. Benarkah demikian?

    Menurut Dr. dr. Andon Hestiantoro, SpOG (K) dari Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta, zaman dahulu, dosis kontrasepsi hormonal memang sangat tinggi. Namun kini tidak lagi.

    via GIPHY

    Baca: Bukan Pagi, Waktu Terbaik Berjemur Sinar Matahari demi Vitamin D Adalah Siang

    “Sekarang sudah tidak ada lagi. Kadar hormon sudah sangat rendah, dan para ahli semakin mengetahui bahwa untuk bisa mencegah kehamilan tidak diperlukan hormon yang sangat tinggi,” ujar Andon dalam konferensi pers Hari Kontrasepsi Sedunia 2018, di Jakarta, Selasa (25/9).

    Secara tegas, Andon mengatakan bahwa anggapan tentang pil KB bikin rahim kering dan susah hamil tidak tepat.

    “Jadi mitos itu tidak berlaku karena sudah aman dan dengan dosis yang sangat rendah. Apa yang dijumpai sekarang, kalau lupa konsumsi pil KB bisa terjadi kehamilan,” kata Andon.

    via GIPHY

    Baca: Tidur 7 Jam Cuma Semalam Sia-Sia Belaka Bagi Kesehatan, Karena...

    Karena kadar hormon pada pil KB sangat rendah, Andon menyarankan untuk mengonsumsinya secara rutin. Andon mengatakan bahwa kalau sampai lupa dua hari saja sudah fatal.

    “Selama ini hormon estrogen dan progestin. Dulu estrogen menggunakan dosis yang sangat tinggi. Efek sampingnya sakit kepala, payudara kencang, gangguan hormon, pendarahan,” ungkap Andon.

    Lebih lanjut, Andon menyatakan, “Akhirnya, pada peneliti menemukan untuk mencegah kehamilan tidak diperlukan lagi dosis yang tinggi.”

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini